Mengenal Taksi Listrik BYD e6 dan Tesla Model X

Blue Bird, Senin (22/4), resmi meluncurkan armada taksi mobil listrik di Indonesia, yakni BYD e6.

Suara.Com
Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mengenal Taksi Listrik BYD e6 dan Tesla Model X
Blue Bird memperkenalkan armada taksi mobil listrik di Jakarta, Senin (22/4/2019). [Suara.com/Dok Blue Bird]

Suara.com - Blue Bird, Senin (22/4), resmi meluncurkan armada taksi mobil listrik di Indonesia, yakni BYD e6 yang beroperasi untuk taksi Blue Bird dan Tesla Model X Silver Bird.

Meski belum begitu populer di Indonesia, BYD e6 sebenarnya sudah lama meluncur di negara asalnya, China. Di mana mobil yang diluncurkan pada 2010 ini memang sudah dioperasikan sebagai taksi listrik di negeri tirai bambu.

Terkait spesifikasi, BYD e6 dibekali baterai berkapasitas 80 kWh yang mampu menghasilkam tenaga hingga 121 hp dengan torsi sebesar 450 Nm. Terkait waktu pengisian, baterai yang dipakai hanya membutuhkan waktu selama 2 jam sampai terisi penuh. Saat baterai dalam keadaan penuh, mobil diklaim mampu melaju hingga jarak hingga 402 km.

Layaknya armada taksi jenis sedan, mobil ini mampu menampung hingga lima orang penumpang. Sementara total beban yang sanggup ditampung mencapai 375 kg termasuk bagasi.

Harga mobil ini berkisar 35.000 dolar AS (Rp 490 juta) hingga 74.000 dolar AS (Rp 1,04 miliar).

Blue Bird luncurkan taksi berbahan bakar listrik. (Suara.com/Achmad Fauzi)
Blue Bird luncurkan taksi berbahan bakar listrik. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Sementara Tesla Model X 75D A/T merupakan mobil listrik yang sudah diperkenalkan sejak 2016. Sebagai varian paling dasar, model ini juga sebenarnya sudah masuk ke Indonesia melalui importir umum.

Mengisi segmen sport utility vehicle (SUV), mobil racikan produsen asal Amerika Serikat (AS) ini tentu bertabur fitur modern.

Untuk menunjang keselamatan dalam berkendara, mobil listrik racikan Tesla ini sudah dilengkapi fitur pengereman berteknologi anti-lock breaking system (ABS). Selain itu, untuk melindungi penumpang model ini juga ditanamkan sebanyak 12 Airbags.

Namun yang paling modern adalah tersedianya fitur autopilot. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk melepas, setir, gas, dan rem. Namun, mobil tetap bisa terkendali, berbelok sendiri dan saat ada penghalang di depannya Tesla Model X ini akan mengerem secara otomatis.

Untuk urusana tenaga, model ini dibekali baterai berkapasitas 75 kWh yang dapat melesat hingga kecepatan 210 km/jam dengan jarak tempuh yang diklaim bisa mencapai 380 km.

Pengisian beterainya sendiri memakan waktu hingga 7 jam dengan kapasitas listrik rumahan 10.000 kWh. Saat ini, harga Tesla Model X 75D A/T paling murah 200 ribu dolar AS atau setara Rp 2,8 miliar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini