Yuk, Tengok Beberapa Negara Tetangga yang Terapkan Taksi Listrik

Di lingkup ASEAN, ada dua negara tetangga. Di lingkup Asia, nama China mencuat.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Yuk, Tengok Beberapa Negara Tetangga yang Terapkan Taksi Listrik
Sejumlah taksi bertenaga listrik terparkir di kantor Blue Bird, Jakarta, Senin (22/4). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Suara.com - Blue Bird baru saja meresmikan penggunaan taksi listrik sebagai bagian dari armada perusahaan di Indonesia (22/4/2019). Adapun mobil listrik atau mobtrik yang menjadi pilihannya adalah 29 unit mobtrik dengan spesifikasi BYD e6 A/T sebanyak 25 unit dan Tesla Model X 75D A/T sebanyak empat unit. Mulai Mei 2019, para konsumen sudah bisa menikmati layanan mobtrik dari jajaran armada Blue Bird dan Silver Bird ini.

Dan, soal taksi listrik sendiri, beberapa negara telah mengadopsinya cukup lama. Termasuk para tetangga kita di lingkup ASEAN (Association of the South East Asia Nations).

Sebut saja Singapura. Negara tetangga ini sudah memperkenalkan dua armada taksi listrik di bawah management ComfortDelGro Taxi. Perusahaan transportasi itu mengatakan, Hyundai loniq yang digunakan sudah sepenuhnya memakai daya listrik.

Perusahaan yang menjadi anak perusahaan, antara lain dari SBS Transit dan CityCab Pte Ltd., ini menyatakan bahwa berbeda dengan taksi listrik lainnya, armada yang mereka gunakan disebut mampu mengisi baterai lebih cepat dengan waktu di bawah 30 menit. Dengan bekal yang ada, mobil mampu menempuh perjalanan sejauh lebih dari 200 km.

"Kami telah mencari pengisian kendaraan listrik yang bisa diandalkan, aman, dan lebih cepat untuk beberapa waktu sekarang,” kata Ang Wei Neng, Chief Executive Officer (CEO) ComfortDelGro Taxi, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Laman berikutnya adalah tetangga ASEAN lainnya, serta salah satu pelopor taksi listrik di kawasan Asia. Siapakah?

Selanjutnya chevron_right

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini