Hore, All New Suzuki Jimny Bakal Dirakit di Tanah Air!

Produk legendaris ini bisa dibuat di negara kita. Negara mana lagi yang menjadi kandidatnya?

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Hore, All New Suzuki Jimny Bakal Dirakit di Tanah Air!
Haluan keren dari Suzuki Jimny 2019 [Suara.com/ukirsari].

Suara.com - Dalam ajang pentas industri otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show atau IIMS 2019 yang berlokasi di Jakarta International Expo atau JIExpo di Kemayoran, Jakarta, Hall D menyuguhkan berbagai produk menggiurkan. Mulai Batmobile, Ford Mustang, Ford Shelby, sampai berbagai tunggangan kategori jip. Termasuk di antaranya adalah All New Suzuki Jimny yang bertengger di panggung Suzuki.

Berwarna kuning kehijauan nan cerah, tampak para pengunjung meluangkan waktu menikmati tampilan garangnya. Tak heran, mengingat Suzuki Jimny memiliki nama legendaris di Tanah Air. Negara kita memproduksi model Suzuki Katana kurun 1988 hingga 2005.

Tampilan buritan Suzuki Jimny yang keren dengan desain semi kotak [Suara.com/ukirsari].
Tampilan buritan Suzuki Jimny yang keren dengan desain semi kotak [Suara.com/ukirsari].

Dan Shuji Oishi, Managing Officer Suzuki Motor Corporation, juga memberikan sinyal bahwa produk legendaris All New Suzuki Jimny ini bakal digarap di Indonesia. Demikian dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (27/4/2019).

Ia bahkan menyatakan bahwa negara kita bakal mendapatkan kesempatan terlebih dahulu untuk menggarapnya, dibandingkan India.

"Indonesia dahulu, karena dahulu Katana dibuat di Indonesia, itu alasannya. Kami masih terus negosiasi," tandas Shuji Oishi yang belum bisa memastikan kapan rencana produksi All New Jimny di Tanah Air akan direalisasikan.

Namun, Shuji Oishi menyatakan pula bahwa peluang memproduksi All New Jimny terbuka lebar bagi pabrik di negara kita, karena model ini menggunakan mesin sama dengan Suzuki Ertiga, yang menjadi salah satu andalan penjualan Suzuki di Indonesia.

"Mesinnya sama dengan yang digunakan untuk Ertiga, dan New Carry. Jadi sangat terbuka peluang ini," ujar Shuji Oishi lebih lanjut.

Sebagai catatan, sampai kini, Suzuki Jepang hanya memiliki kapasitas produksi 75 ribu unit Jimny per tahun guna memenuhi permintaan pasar global. Jika Suzuki Indonesia mampu memproduksi Jimny, maka bakal membuka peluang untuk memasarkannya ke pasar ekspor yang tidak tertangani Suzuki Jepang.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini