Seru, Setelah Kolaborasi dengan Suzuki, Toyota Gandeng Mazda

Apakah kemesraan antara Toyota dengan Mazda, dan Suzuki berlanjut ke Indonesia?

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Seru, Setelah Kolaborasi dengan Suzuki, Toyota Gandeng Mazda
Mazda6 dalam gelaran Telkomsel IIMS 2019 yang berakhir pekan silam (5/5/2019) [Suara.com/ukirsari].

Suara.com - Toyota sebagai salah satu raksasa otomotif asal Jepang yang beberapa waktu lalu mengganti konsep manufakturnya sebagai perusahaan mobilitas bersemboyan "Start your Impossible" terbilang rajin menjalin kemitraan.

Setelah berkolaborasi dengan Suzuki India untuk menelurkan serta memasarkan produk bersama, kini Toyota menggandeng Mazda. Keduanya berkolaborasi menghasilkan produk untuk pasar Amerika Serikat.

Kabarnya, salah satu produk dari Mazda yang siap dirilis akan ditempeli emblem Toyota. Suatu hal yang mengingatkan kepada kerja sama dengan Suzuki, yaitu bertukar emblem untuk dipasangkan pada produk-produk kendaraan roda empat karya mereka.

Toh, kemesraan Toyota dengan Mazda pun bersama Suzuki ini belum menghasilkan sebuah jejak pun di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM).

"Pada saat ini sih belum ada, dengan prinsipal kami juga sudah berkomunikasi. Mazda fokusnya di Amerika, selain sharing produk juga sharing production," kata Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara untuk kerja sama dengan Suzuki, jawaban Anton Jimmi Suwandy tak jauh berbeda.

"Kalau di India, kolaborasi juga ada dengan Suzuki, akan tetapi saat ini masih difokuskan di sana. Nanti juga akan ke wilayah lain, namun belum sampai ke Indonesia. Saya dengar akan ke Afrika juga," ujarnya mengimbuhkan.

Ditanyai apakah ke depannya kolaborasi antar sesama produsen otomotif juga bisa terjadi di Indonesia. Anton Jimmi Suwandy hanya mengatakan belum ada informasi untuk Tanah Air kita.

"Saat ini belum ada informasi apa-apa untuk di Indonesia," tutupnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini