Semangat Kebersamaan, Polisi dan TNI Bagi-bagi Takjil Ramadan

Jangan takut, ini bukan razia, melainkan Polisi, juga TNI yang tengah berbagi kebersamaan lewat pembagian takjil Ramadan.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Semangat Kebersamaan, Polisi dan TNI Bagi-bagi Takjil Ramadan
Pengguna jalan menerima pembagian takjil dari anggota Polres Madiun di Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (10/5/2019). Polres Madiun membagikan 1.000 paket takjil kepada pengguna jalan dan berbuka bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), penyelenggara pemilu, ketua tim pemenangan pemilu, tokoh agama dan tokoh masyarakat [ANTARA FOTO/Siswowidodo].

Suara.com - Bulan Ramadan selain saat menjalankan ibadah menyambut Lebaran 2019 atau Idul Fitri 1440 Hijriah, juga menjadi momentum bagi aparat untuk berbagi dengan warga sekitar. Salah satu bentuknya adalah membagikan santapan berbuka atau takjil, perangkat berkendara, sampai penyuluhan tertib berlalu lintas.

Saatnya dirasa tepat, tentu saja harapannya mendatangkan manfaat dan kebaikan, meski ada kejadian unik, di mana para pengendara malahan mengira tengah dilaksanakan razia, seperti terjadi di Kota Blitar.

Namun di berbagai lokasi, kegiatan Polisi dan Tentara Nasional Indonesia berbagi takjil ini disambut hangat para pengguna jalan raya, dan berikut adalah rangkuman beberapa di antaranya, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Dua hari lalu (14/5/2019), Polisi Wanita atau Polwan dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan membagikan helm dan nasi bungkus kepada para pengguna jalan di sekitar kawasan Pasar Wadai Ramadan di Kota Banjarmasin menjelang saat berbuka puasa.

AKBP Nina Rahmi, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel sekaligus Kasatgas Preemtif Operasi Keselamatan Intan 2019 memimpin jalannya acara itu.

"Selama Ramadan, menjelang berbuka puasa kami memberikan sejumlah helm kepada pengendara, baik dewasa ataupun anak-anak," papar AKBP Nina Rahmi di Banjarmasin.

Khusus untuk helm, pembagiannya diawali dengan para Polwan mengamati kondisi helm pengendara dewasa saat tiba di Pasar Wadai Ramadan. Jika dinilai tak layak pakai atau bukan Standar Nasional Indonesia (SNI), langsung siap diganti helm baru.

"Berdasarkan data kami, 70 persen kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dengan tingkat fatalitas tinggi diakibatkan tidak menggunakan helm standar," imbuh Nina Rahmi.

Sejumlah prajurit TNI AD dari Korem 031/Wira Bima membagikan takjil kepada warga di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (8/5/2019). Korem 031/Wira Bima selama bulan puasa membagikan ratusan takjil setiap hari untuk mempererat silaturahmi antara TNI dan masyarakat, guna menciptakan rasa saling menghormati dan lebih peduli sesama pada bulan suci Ramadhan [ANTARA FOTO/FB Anggoro].
Sejumlah prajurit TNI AD dari Korem 031/Wira Bima membagikan takjil kepada warga di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (8/5/2019). Korem 031/Wira Bima selama bulan puasa membagikan ratusan takjil setiap hari untuk mempererat silaturahmi antara TNI dan masyarakat, guna menciptakan rasa saling menghormati dan lebih peduli sesama pada bulan suci Ramadhan [ANTARA FOTO/FB Anggoro].

Masih di Banjarmasin, Satuan Intelkam bersama Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin juga membagikan sekitar seratus kotak takjil kepada para pengguna jalan yang melintas di Jalan Arjuna, Banjarmasin. Termasuk di antaranya adalah pengendara sepeda motor, tukang becak, serta tukang ojek.

"Agar para pengguna jalan bisa berbuka puasa langsung saat waktu berbuka, tanpa harus menunggu makanan datang," jelas AKP Agoes Joenianto, Wakasat Intelkam Polresta Banjarmasin, di lokasi pembagian, samping Mako Polresta Banjarmasin.

Sementara di hari yang sama, Kepolisian Resor (Polres) Majalengka, Jawa Barat, membagikan 100 takjil berupa nasi kotak kepada puluhan tukang becak untuk berbuka puasa di perempatan Pasar Mambo Kabupaten Majalengka.

"Pembagian takjil ini merupakan suatu bentuk kepedulian dari Polres Majalengka," kata AKBP Mariyono, Kapolres Majalengka.

Para abang becak serta masyarakat sekitar pun tampak antusias menerima bingkisan makanan takjil buka puasa serta santunan dari Polisi, yang dilakukan langsung oleh Kapolres, Wakapolres, para anggota Polres serta pengurus cabang Bhayangkari.

Sehari kemudian, giliran Bhayangkari Cabang Bitung dan personel Polres Bitung, Sulawesi Utara membagikan takjil kepada pengendara yang melintas di pusat kota Jalan Sam Ratulangi. Dengan dihadiri langsung oleh Kompol Adi Saptia Sudirna, Waka Polres Bitung dan [ara pejabat utama Polres Bitung.

Ketua Bhayangkari Cabang Bitung, Jein Stefanus Tamuntuan, di Bitung, Rabu (15/5/2019), memaparkan bahwa kegiatan ini semoga bisa membantu warga atau pengendara khususnya para Muslim dalam berbuka puasa.

"Kami ingin membantu para pengendara yang sedang dalam perjalanan, dengan kemungkinan tidak sempat berbuka puasa di tempat tujuan, sehingga kami bagikan takjil. Juga sebagai bentuk kepedulian keluarga besar Kepolisian di Kota Bitung dalam menjaga tali silaturahim yang baik antara polisi dengan masyarakat," jelasnya.

Dan di saat yang sama pula, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Tanah Bumbu, di Kalimantan Selatan juga membagikan 50 paket takjil dibagikan untuk masyarakat yang sedang melintas di kawasan Jalan Pelabuhan Speed Desa Sejahtera RT 05 Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

"Kami sebagai pengemban fungsi pembina masyarakat pesisir ingin selalu dekat dengan warga yang mayoritas bekerja mencari penghasilan di perairan baik sebagai nelayan maupun ABK," ujar AKP Parman, Kasat Polairud Polres Tanah Bumbu, pada Rabu (15/5/2019).

Sementara berbagi takjil yang dilakukan oleh para anggota TNI antara lain bisa disaksikan di Kota Pekanbaru, Riau. Korem 031/Wira Bima selama bulan puasa membagikan ratusan takjil setiap hari untuk mempererat silaturahmi antara TNI dengan masyarakat. Tujuannya adalah menciptakan rasa saling menghormati dan lebih peduli sesama pada bulan suci Ramadhan.

Akhirnya, selamat berbagi dan mempererat kebersamaan kepada Polri dan TNI di bulan Ramadan!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini