Pemudik Bermobil Rute Jawa - Bali, Perhatikan Titik Lelah Ini

Selain mengaspal di seantero Jawa, tak sedikit pemudik bermobil melanjutkan perjalanan sampai Bali. Jangan lupakan "titik lelah".

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Pemudik Bermobil Rute Jawa - Bali, Perhatikan  Titik Lelah Ini
Jokowi beserta rombongan makan siang di area peristirahatan KM 597 B, di Jalan Tol Ngawi - Kertosono, Jawa Timur (20/12/2018). Sebagai ilustrasi rest area [Suara.com/Dwi Bowo Rahardjo]

Suara.com - Dengan durasi libur Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang terbilang panjang, para pemudik atau mudikers bermobil arah Provinsi Jawa Timur boleh jadi melanjutkan perjalanan ke Pulau Dewata atau Bali. Bisa jadi pula destinasi terakhir memang di sana, sehingga menempuh rute itu hingga tuntas.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Republik Indonesia, Irjen Pol Refdi Andri yang melakukan peninjauan rute mudik Jakarta-Surabaya-Bali menyatakan bahwa Rest Area di KM 575 Tol Jombang-Mojokerto, Ngawi, Jawa Timur bisa disebut sebagai titik lelah sekaligus titik membahagiakan.

Pantai Sanur juga menjadi destinasi melihat sunrise di Bali. (Suara.com/Silfa Humairah)
Pantai Sanur juga menjadi destinasi melihat sunrise di Bali. Sebagai ilustrasi wisata di Pulau Dewata [Suara.com/Silfa Humairah].

Setelah pemudik atau mudikers bermobil melahap rute tol satu arah mulai Jakarta hingga Brebes Barat, selanjutnya mereka akan melaju menuju ujung paling timur dari Pulau Jawa untuk penyeberangan ke Pulau Dewata. Titik lelah akan dijumpai sehingga pengemudi disarankan untuk beristirahat.

"Tadi sudah kami lihat, pantau dan sudah pastikan bisa," jelas Irjen Pol Refdi Andri saat meninjau Gerbang Tol Brebes Barat pada Jumat (18/5/2019) seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Untuk memastikan sistem tol satu arah bisa diterapkan dalam puncak arus mudik dan arus balik tahun ini, Kakorlantas mengadakan peninjauan langsung selama tiga hari dengan menjajal Tol Trans Jawa, menggunakan rute Jakarta-Semarang-Surabaya-Banyuwangi-Denpasar.

Ia pun menambahkan bahwa fokus dari Operasi Ketupat 2019 adalah antisipasi kemacetan. Uji coba sistem satu arah akan dilakukan pada 30 Mei 2019, dan diharapkan bisa memberikan gambaran hasil penerapan sistem ini.

Jadwal diberlakukannya sistem tol satu arah di tol Trans Jawa adalah sebagai berikut:

Arus mudik: 30 Mei - 2 Juni 2019
Arus balik: 7 - 9 Juni 2019

Area berlakunya sistem satu arah: Gerbang Tol Cikarang Utama KM 29 hingga Gerbang Tol Brebes Barat KM262.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini