Faktor Harga, Mobkas LCGC Jadi Incaran Pemudik

Berikut adalah merek-merek mobkas kategori LCGC yang laris di kalangan pemudik.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Faktor Harga, Mobkas LCGC Jadi Incaran Pemudik
Ilustrasi pasa mobkas [Shutterstock].

Suara.com - Mobil pribadi masih menjadi primadona utama bagi masyarakat yang akan menyambut Mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Namun dari pada harus membayar sewa, banyak calon pemudik yang akhirnya memutuskan untuk membeli mobil bekas alias mobkas.

Deretan mobil yang dijual di Bursa Mobil Bekas Blok M Square, Jakarta, Sabtu (18/5). [Suara.com/Arief Hermawan P]
Deretan mobil yang dijual di Bursa Mobil Bekas Blok M Square, Jakarta, Sabtu (18/5/2019).  Sebagai ilustrasi [Suara.com/Arief Hermawan P]

Lalu mobil bekas seperti apakah yang kerap jadi incaran para calon pemudik?

Menurut Halim, pemilik showroom Langgeng Indah Makmur di MGK Kemayoran, Jakarta, mobil bekas di bawah Rp 100 jutaan selalu menjadi incaran para pemudik atau mudikers.

"Mobil di bawah Rp 100 jutaan banyak, ya. Ada Agya, Ayla, Sirion, atau yang masuk kelas mobil-mobil LCGC (Low Cost Green Car)," ujar Halim saat berbincang dengan Suara.com.

Lebih lanjut, Halim menjelaskan, mengapa LCGC menjadi incaran calon pemudik. Well, karena tahun produksi mobil masih tahun muda. Meskipun banyak mobil di bawah Rp 100 jutaan, namun bertahun produksi di bawah 2010.

"Honda City 2007-2008 itu cuma Rp 80 juta. Civic 2005 juga Rp 80 jutaan, jadi banyak yang di bawah Rp 100 jutaan," terang Halim.

Meski begitu, Halim mengakui, menjelang mudik tahun ini, penjualan mobkas sedikit tertahan. Faktor Pemilu 2019 dinilai sebagai salah satu penyebabnya.

"Mungkin orang masih tahan uangnya. Pasca Pemilu 2019 kalau dilihat aman-aman saja, baru mereka berani beli-beli barang. Namun menjelang Mudik Lebaran 2019 ini mulai terasa ada sedikit pergerakan," tutup Halim.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini