Kenalkan: Skuter Listrik Yamaha EC-05, Sudah Mengaspal di Taiwan

Sederhana namun keren, begini implementasi Yamaha bersama Gogoro lewat produk listrik EC-05.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kenalkan: Skuter Listrik Yamaha EC-05, Sudah Mengaspal di Taiwan
Logo Yamaha [Shutterstock].

Suara.com - Didesain stylish serta sederhana, Yamaha EC-05 ini dimunculkan dalam kemasan semacam kisah berseri via YouTube milik Yamaha Taiwan. Singkat kata, keren dan mewadahi lifestyle kaum muda di negara kepulauan berjuluk Ilha de Formosa itu.

Sosok skuter listrik misterius, Yamaha EC-05 [YouTube: Yamaha Taiwan].
Sosok skuter listrik misterius, Yamaha EC-05 [YouTube: Yamaha Taiwan].

Dan, dikutip dari Electrek, Yamaha EC-05 adalah sebuah jawaban dari pabrikan berlogo garpu tala itu dalam meluncurkan produk non-emisi. Didesain sederhana, berdimensi terbilang mungil, skuter listrik ditujukan untuk menunjang mobilitas perkotaan.

Terkait tenaga, Yamaha belum mengumumkan secara resmi kemampuan dari skuter listrik EC-05. Namun skuter ini diperkirakan mampu melaju dengan kecepatan 85 - 95 km per jam dengan daya jelajah 100 km. Sementara keunggulan lainnya, baterai sebagai pemasok dayanya bisa dibongkar pasang.

Dalam mengembangkan EC-05, Yamaha dikabarkan bermitra dengan perusahaan powertrain Gogoro. Dari hasil kolaborasi, Yamaha mendapatkan porsi mendesain langsung EC-05, sedangkan bagian jeroan motor hampir semuanya dikerjakan Gogoro. Oleh karena itu, skuter milik Yamaha ini diharapkan memiliki kinerja setara skuter listrik Gogoro Seri 2.

Yamaha EC-05 selaras selera kaum muda di perkotaan [YouTube: Yamaha Taiwan].
Yamaha EC-05 selaras selera kaum muda di perkotaan [YouTube: Yamaha Taiwan].

Sebagai catatan, skuter Gogoro sendiri mampu menampung dua paket baterai berkapasitas tinggi. Baterai bisa diisi di rumah atau ditukar ke stasiun penggantian baterai yang tersedia.

Produksi Yamaha EC-05 dijadwalkan bisa mulai dikirim pada Agustus 2019. Sementara untuk saat ini, Taiwan masih menjadi negara pertama yang bisa menikmatinya.

Skuter listrik hasil kolaborasi tadi mungkin adalah model terbaru dari serangkaian sepeda motor bertenaga listrik milik Yamaha. Sebelumnya perusahaan ini dikabarkan menjalin kemitraan dengan Honda, Kawasaki, dan Suzuki untuk memfasilitasi pembentukan standar sepeda motor baterai listrik yang sumber dayanya bisa ditukar pakai.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini