Rampung Mudik dan Balik Lebaran 2019, Mari Periksa Mobil Tersayang

Ada proses preparasi, pastinya ada rekondisi. Inilah cara agar mobil tersayang awet pasca Lebaran 2019.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Rampung Mudik dan Balik Lebaran 2019, Mari Periksa Mobil Tersayang
Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019). [ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp]

Suara.com - Setelah arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, tunggangan-tunggangan kesayangan yang diajak mengaspal tentu perlu diperiksakan ke bengkel langganan.

Ilustrasi bengkel mobil. [Shutterstock/Kurhan]
Ilustrasi bengkel mobil. [Shutterstock]

Apa pasal? Bila ada proses preparasi, yaitu persiapan si mobil menjelang mudik Lebaran 2019, tentu ada proses rekondisi, sebagai langkah membuat kondisinya kembali seperti awal, sebelum diajak bepergian melahap rute panjang lagi macet.

Dikutip dari kantor berita Antara, langkah rekondisi ini juga dinilai mampu meminimalkan kerusakan atas mobil yang telah melaju di trek panjang dan menguras keandalannya.

Andi, Resepsionis Service Bengkel BOS di Cinere, Depok, menyampaikan bahwa kendaraan yang dibawa saat mudik dan balik lagi ke kota asalnya wajib untuk mengikuti proses servis, dan penggantian pelumas alias oli.

"Pergantian oli itu wajib bagi kendaraan yang dipakai saat mudik, karena kita tahu kemarin itu ruas jalan banyak macet saat arus balik," ujar Andi, seperti dituturkan kepada Antara, Senin (10/6/2019).

Proses penggantian pelumas atau oli adalah penting, mengingat mesin mobil berada dalam kondisi panas saat terkena macet panjang. Dan dalam kondisi stasioner atau tidak menambah jarak sama sekali.

Selain iu, keharusan servis juga diberikan pada bagian kaki-kaki atau suspensi.

"Tidak hanya oli, hal lain yang harus diperhatikan adalah suspensi, karena kondisi jalan yang dilalui tidak diketahui, bagus atau tidak, jadi sebaiknya harus diperiksakan," imbuh Andi.

Sampai kemarin, tempatnya berkarya pun, yaitu Bengkel BOS Cinere, telah melayani 20 unit kendaraan roda empat untuk proses penggantian oli, pemeriksaan suspensi, spooring balancing, sampai tune up.

Mari mudikers berkendaraan pribadi, langsung rawat tunggangan Anda sepulang mudik dan balik Lebaran 2019.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini