Momen Lebaran Ikut Mendongkrak Sukses Penjualan Toyota

Beberapa momentum menjelang Mei 2019 membuat konsumen menangguhkan pembelian.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Momen Lebaran Ikut Mendongkrak Sukses Penjualan Toyota
Toyota New Avanza diluncurkan Selasa (15/1/2019) [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Suara.com - Setelah sempat merosot, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mendongkrak penjualan sepanjang Mei 2019. Menurut Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM, kondisi ini tidak lepas dari beberapa momentum seperti adanya Pemilihan Umum atau Pemilu, serta gelaran Indonesia International Motor Show atau IIMS.

"Seperti bulan lalu, sudah disampaikan bahwa banyak pembeli kendaraan yang ingin menerima kendaraan saat mendekati Lebaran (di atas 20 Mei 2019), walaupun mereka memesannya April," ujar Franciscus Soerjopranoto kepada Suara.com.

Selain itu, ia menambahkan, dengan adanya event IIMS 2019 juga menarik konsumen untuk membeli mobil.

"Akan tetapi jangan lupa, ada momen pilpres, di mana calon konsumen masih "wait and see" saat itu," jelasnya.

Berdasarkan data wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Toyota pada Mei 2019, produsen asal Jepang ini berhasil mendistribusikan produk sebanyak 29.100 unit. Sedangkan penjualan retail sales (dari dealer ke konsumen) mencapai 31.800 unit.

Dari total penjualan Toyota pada Mei 2019, Toyota Avanza masih menjadi produk terlaris dengan angka penjualan wholesales 7.300 unit dan retail sales sebanyak 7.500 unit.

Kontribusi terbesar kedua adalah Toyota Rush yang mencapai angka penjualan wholesales 6.300 unit, dan retail sales sebanyak 5.600 unit.

Selanjutnya, terdapat Kijang Innova memberikan kontribusi wholesales 3.900 unit dan retail sales 4.800 unit. Terakhir, adalah Toyota Calya dengan penjualan wholesales 3.800 unit dan retail sales sebanyak 5.800 unit.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini