Apa Sebenarnya Fungsi Fitur Cruise Control ?

Banyak disematkan sebagai "iming-iming" fitur produk mobil kekinian, begini cara operasionalnya.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Apa Sebenarnya Fungsi Fitur Cruise Control ?
Fitur cruise control model tekan tombol. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Suara.com - Fitur cruise control sudah mulai banyak disematkan pada mobil keluaran terbaru. Namun sebenarnya apakah fungsi dari fitur ini?

Ilustrasi Cruise Control di Mobil. (CarBuzz)
Ilustrasi Cruise Control di Mobil. (CarBuzz)

Mengutip laman Mitsubishi, fungsi utama fitur cruise control adalah kondisi di mana tunggangan bisa melaju dalam kecepatan stabil, tanpa harus menginjak pedal gas terus-menerus.

Dengan begitu, fitur ini mampu meringankan kerja sopir, karena bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup tekan tombol cruise control yang terletak di setir sebelah kanan. Ketika sudah dinyalakan, pada layar MID akan muncul logo Cruise Control lalu cukup dengan menekan tombol SET untuk mengaktifkannya.

Setelah itu mobil pun akan melaju sesuai kecepatan terakhir saat tombol ditekan. Misalnya pada kecepatan 80 km per jam dengan fitur Cruise Control, pengemudi cukup mengendarai mobil hingga 80 km per jam dan lalu mengaktifkan fitur ini.

Pada tombol cruise control tadi, juga tersedia tombol tambah (+) dan kurang (-) yang berfungsi untuk meningkatkan atau mengurangi kecepatan mobil saat fitur ini aktif. Untuk mengakhirinya cukup menginjakkan kaki ke pedal rem, maka otomatis kendali mobil kembali kepada pengemudi.

Untuk produk Mitsubishi fitur Cruise Control sudah tersedia pada model Xpander tipe Ultimate dan Pajero Sport.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini