Tips Ringan Pengecekan Mobil Pascamudik Ini Bisa Dilakukan Sendiri

Melakukan pengecekan kembali pascaperjalanan mudik tentu menjadi hal penting.

Suara.Com
Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tips Ringan Pengecekan Mobil Pascamudik Ini Bisa Dilakukan Sendiri
Ilustrasi pengecekkan mesin mobil. (Shutterstock)

Suara.com - Melakukan pengecekan kembali pascaperjalanan mudik tentu menjadi hal penting untuk memastikan kondisi mobil tetap prima. Sayangnya, pemilik mobil biasanya malas kembali lagi ke bengkel.

Kendati demikian, pemilik mobil sebenarnya bisa melakukan pengecekan sederhana di rumah. Lalu bagian apa saja yang seharusnya di cek sehabis melakukan perjalan mudik?

Menurut Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000, ada empat komponen yang bisa dicek sendiri, hanya saja memang sifatnya pengecekan dasar.

Pertama adalah bagian ban, ibarat sepatu di kaki manusia, tugas ban terbilang sangat berat. Mulai dari menopang tubuh mobil, mengarahkan dan mengatur laju mobil, hingga meredam getaran yang diterima dari kondisi jalan. Pun hampir pasti mobil diberi muatan orang dan barang dalam jumlah yang besar.

"Cek ulang tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek juga kondisi fisik ban, mulai dari telapak ban hingga dinding ban. Ukur ketebalan telapak ban dan pastikan tidak ada cacat fisik di dinding ban," kata Ricky.

Selanjutnya lakukan pengecekan oli mesin, Ricky menyarankan segera lakukan pengecekan takaran oli mesin via dipstick. Segera tambah jika kurang dan perhatikan apakah kondisi fisik oli tidak seperti biasanya seperti berwarna coklat, keruh atau kental.

Ilustrasi mengisi oli mesin mobil (Shutterstock).
Ilustrasi mengisi oli mesin mobil (Shutterstock).

"Jika volume oli mesin berkurang banyak dan terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih dalam," terangnya.

Ketiga, periksa bagian kaki-kaki mobil. Pasalnya, di area kaki-kaki terdapat 4 komponen penting sekaligus yakni sistem kemudi, suspensi, rem, dan penggerak roda.

Periksa jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek. Lakukan spooring dan balancing untuk membuatnya fit kembali.

Terakhir memeriksa cairan mobil, disini pemilik mobil bisa melakukan pengecekan air radiator, air aki basah, minyak rem, minyak kopling manual, freon AC, oli transmisi otomatis, hingga air wiper.

"Tambah sesuai takaran dan periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Jangan abaikan jika ada sesuatu yang mencurigakan," tutup Ricky.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini