Ultah Jokowi, Banyak Diunggah Potret Presiden Naik Motor dan Sepeda

Hari ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi ulang tahun. Dari unggahan foto, banyak tema motor serta sepeda.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Ultah Jokowi, Banyak Diunggah Potret Presiden Naik Motor dan Sepeda
Presiden Joko Widodo beserta rombongan meninjau langsung pembangunan jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu 1, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (10/5/2018) [ANTARA].

Suara.com - Presiden NKRI Joko Widodo atau diakrabi sebagai Jokowi berulang tahun hari ini (21/6/2019). Selain menjadi trending di media sosial Twitter dengan tagar #HBDJokowi, di Instagram banyak diunggah potret serta sketsa tentangnya, beriring ucapan selamat serta tagar #jokowiultah.

Asian Games 2018 berlangsung di dua kota, yakni Palembang dan Jakarta. Ajang multievent terbesar Asia ini akan berlangsung hingga 2 September 2018 mendatang.[Foto/INASGOC]
Asian Games 2018 berlangsung di dua kota, yakni Palembang dan Jakarta. Ajang multievent terbesar Asia ini akan berlangsung hingga 2 September 2018 mendatang.[Foto/INASGOC]

Tema Pak Presiden Jokowi tengah bersepeda serta menunggang motor menjadi subjek favorit para pengunggah potret maupun sketsa karya sendiri. Ada pula olah digital unik. Yaitu menyandingkan potret Pak Presiden kelahiran 21 Juni 1961 yang tengah menggeber kuda besi, sementara pemilik akun mengayuh sepeda di belakangnya.

"Potret bersama" antara Jokowi dengan pengunggah orang per orang banyak diabadikan di Bandara Soekarno - Hatta, Cengkareng, Banten, serta Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Di bandara yang disebut pertama, tersedia sudut berpotret bertemakan Presiden tengah menunggang motor gede atau moge, dan pengunjung bisa membonceng di belakang. Sedangkan di bandara disebut kedua, sudut berpotret memperlihatkan Presiden tengah mengayuh sepeda. Pengunjung bisa mengabadikan diri dengan bergaya membonceng pula.

Presiden Joko Widodo mengenakan helm sebelum ANTARA FOTO/Wahyu Putro Amenjajal motor listrik buatan dalam negeri 'Gesits' seusai melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang terkait produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018). Audiensi tersebut membahas persiapan produksi massal sepeda motor listrik Gesits. [ANTARA FOTO/Wahyu Putro A].
Presiden Joko Widodo mengenakan helm sebelum menjajal motor listrik buatan dalam negeri 'Gesits' seusai melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang terkait produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018). Audiensi tersebut membahas persiapan produksi massal sepeda motor listrik Gesits. [ANTARA FOTO/Wahyu Putro A].

Sementara potret Jokowi yang diunggah tanpa melibatkan pengunggah sendiri, antara lain adalah saat beliau menggeber Kawasaki W175 yang dibuat custom. Motor inilah pengantarnya saat touring ke Tangerang dan Bandung pada 2018.

Motor custom Presiden Jokowi tadi adalah karya bengkel Katros Garage. Menggunakan basis Kawasaki W175, dimodifikasi aliran tracker, dibalur warna dominan hijau,  dibubuhi tulisan nama beliau pada tangki yang dicat keemasan, serta nomor polisi B 3450 INA.

Spesifikasinya: panjang 1.930 mm, lebar antara handlebar 765 mm, tinggi jok 775 mm, dan bobot kosong 126 kg. Bermesin SOHC kapasitas 177 cc 4 katup, dengan luaran 12,8 daya kuda pada putaran 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm. Karburator menggunakan Mikuni VM24, saluran gas buang model peashooter, dipadankan roda berdiameter 17 inchi beraksen velg krom.

Potret bermotor Presiden lainnya adalah saat Jokowi tampil naik motor Yamaha FZ1 tunggangan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres  pada pembukaan Asian Games 2018.

Yamaha FZ1 adalah versi naked atau tanpa fairing dari Yamaha R1, mulai diproduksi pada 2001, menjadi motor resmi Paspampres pada 2010 serta diimpor dari Jepang. Bermesin DOHC empat silinder segaris, dan kubikasi 998 cc.

Selamat ulang tahun Presiden Jokowi yang biker. Selamat terus mengaspal di trek untuk memajukan Indonesia secara lahir dan batin. Sugeng tanggap warsa, Pakde Jokowi!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini