Beda Tipis dari Model Asli, Replika Mobil Balap Mercedes Curi Perhatian

Mobil ini memiliki kecepatan maksimal 300 km/jam.

Suara.Com
Dany Garjito | Husna Rahmayunita
Beda Tipis dari Model Asli, Replika Mobil Balap Mercedes Curi Perhatian
Replika Sauber-Mercedes C9. (YouTube/Barcroft Cars)

Suara.com - Bagi pencinta mobil, membuat replika atau tiruan menjadi sebuah kreativitas. Tak tanggung-tanggung, biasanya kendaraan yang direplika bermerek Lamborghini, Ferrari hingga Mercedes.

Seorang pria di Afrika Selatan bernama John Ackermann menciptakan replika Sauber-Mercedes C9. Hal itu tentunya istimewa, karena kendaraan tersebut merupakan salah satu mobil balap terkenal.

Dikutip dari laman Carscoops, Sauber-Mercedes C9 menjadi juara dalam perlombaan 24 Hours of Le Mans pada 1989. Selain itu, mobil tersebut sukses mengamankan gelar lima kemenangan selama Kejuaraan World Sportscar.

Sayangya di masa kejayaan, hanya beberapa unit Sauber-Mercedes C9 yang diciptakan. Oleh karena itu, John Ackermann memilih untuk membuat mobil impiannya sendiri.

Pria itu merancang mobil tersebut dari awal sejak 2011. Untuk eksterior, bahan luar mobil terbuat dari fiberglass yang ringan dan kuat. Sementara untuk dapur pacu, mengandalkan mesin V6 3,2 liter yang dapat memproduksi 320 HP dan memiliki kecepatan maksimal 300km/jam.

Performa tersebut cukup berbeda dengan mobil asli. Sauber-Mercedes C9 yang dikenal sebagai jagoan balap mengusung mesin V8 5 liter twin-turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 800 HP dan kecepatan maksimal 400km/jam.

Replika Sauber-Mercedes C9. (YouTube/Barcroft Cars)
Replika Sauber-Mercedes C9. (YouTube/Barcroft Cars)

Selang beberapa tahun, replika Sauber-Mercedes C9 pun pindah tangan. Seorang membeli mobil tersebut dari John Ackermann. Tapi sebelum diserahkan, lantai dan sasis telah dimodifikasi seperti keinginan pemilik baru.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini