Lihat, Mobil Listrik pun Bisa Kalahkan Jet Darat F1

Seru, tunggangan balap single seater tenaga listrik milik Volkswagen bisa unggul atas jet darat F1.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Lihat, Mobil Listrik pun Bisa Kalahkan Jet Darat F1
Logo Volkswagen [Shutterstock]

Suara.com - Sebuah rekor milik jet darat Formula One (F1) dari tim McLaren yang diukir 20 tahun silam berhasil pecah  oleh tunggangan balap single seater milik Volkswagen pekan ini dalam pergelaran Goodwood Festival of Speed  (6/7/2019).

Preparasi untuk menghasilkan catatan waktu terbaik Volkswagen ID.r [YouTube Nuerburgring Nordschleife].
Preparasi untuk menghasilkan catatan waktu terbaik Volkswagen ID.R [YouTube: Nuerburgring Nordschleife].

Dikutip dari Reuters, kendaraan balap single seater karya Volkswagen tadi bertenaga listrik, serta dinamai Volkswagen ID.R. Tampilan bodi dominan biru, dengan aksen hitam.

Di tengah-tengah kondisi tidak nyamannya Volkswagen sebagai produsen otomotif yang mengalami cemooh masyarakat luas karena skandal tes emisi pada mesin diesel, pencapaian Volskwagen ID.R adalah nilai plus.  Telah menghabiskan biaya riset  berbilang miliaran Rupiah, pencapaian rekor tunggangan sport ini tak pelak menjadi semacam sarana untuk mengembalikan reputasi tenar dari perusahaan bermarkas di Jerman itu.

Persiapan Volkswagen ID.R di Sirkuit Nuerburgring [YouTube Nuerburgring Nordschleife].
Persiapan Volkswagen ID.R di Sirkuit Nuerburgring [YouTube: Nuerburgring Nordschleife].

Telah dijajal di Sirkuit Nuerburgring, Jerman, yang kerap disebut sebagai N-ring, Volkswagen ID.R menjadi mobil listrik tercepat, saat dibesut oleh Romain Dumas, dua kali juara Le Mans 24 Hours serta Pikes Peak Internatinal Hill Climb di Amerika Serikat selama empat tahun beruntun (2014 - 2018). Catatan terbaiknya bersama Volkswagen ID.R adalah 41,18 detik.

Pencapaian itu, melampaui angka 41,6 detik yang dibukukan driver F1, Nick Heidfeld menggunakan McLaren MP4/13 saat bertarung di Goodwood Festival of Speed  pada 1999.

Ditinjau dari spesifikasi teknis, Volkswagen ID.R memiliki sasis dengan struktur karbon monokok ditambah steel roll cage. Ditenagai dual motor 1 per axle permanent four wheel drive, dengan distribusi torsi aktif. Tenaga dipasok dari baterai Lithium-Ion, tenaga mencapai 671 daya kuda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini