Tak Dilirik Anak Muda, Harley-Davidson Lacak Jaringan Internet

Harley-Davidson gunakan seribu cara agar gaet pemotor usia muda.

Suara.Com
Rauhanda Riyantama | Praba Mustika
Tak Dilirik Anak Muda, Harley-Davidson Lacak Jaringan Internet
Harley-Davidson Iron 1200 dipatok Rp 462 juta. [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Suara.com - Motor besar alias moge Harley-Davidson identik dengan penggunannya yang sudah dewasa. Tak heran kalau produsen motor asal Amerika Serikat ini kurang diminati anak muda. Menyiasati hal tersebut, Harley-Davidson sampai melacak jaringan internet, lho.

Dilansir Ride Apart, Harley-Davidson menggandeng OA Experiential, sebuah perusahaan agensi iklan untuk mengumpulkan data pengguna dan potensi calon pengguna.

Salah satu cara yang dilakukan untuk melacak jaringan internet adalah dengan lebih aktif mengikuti kegiatan, untuk kemudian memetakan peta demografis dan pasar secara efektif.

Baru-baru ini, Harley-Davidson mejeng di ajang X-Games, sebuah perhelatan olahraga ekstrem yang begitu lekat dengan kegiatan anak muda.

Meski begitu, cara Harley-Davidson untuk melacak dan mengumpulkan data lewat jaringan internet terbilang agak mengerikan dan berpotensi melanggar privasi pengguna internet, khususnya anak muda.

Harley-Davidson FXDR 114 diberi label Rp 685 juta [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Harley-Davidson FXDR 114 diberi label Rp 685 juta [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Lebih detail, OA Experiential menggunakan sensor Meshh untuk merekam waktu kunjungan para pelanggan yang datang, seberapa dekat mereka dan seberapa sering mereka kembali untuk melihat lagi.

Perusahaan tersebut juga menyimpan data seperti alamat MAC pada komputer dan ponsel, yang memungkinkan untuk mengetahui data pribadi seperti usia, kondisi keuangan dan data lain yang dianggap potensial.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini