Ramah Lingkungan, Motor Ini Gunakan Bahan Bakar Etanol

Bahan bakar yang dipilih bisa diproduksi di dalam negeri.

Suara.Com
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
Ramah Lingkungan, Motor Ini Gunakan Bahan Bakar Etanol
Apache RTR 200 Fi E100, motor berbahan bakar etanol. (YouTube/Motorids)

Suara.com - Terobosan baru datang dari Negeri India. TVS Company meluncurkan motor berbahan bakar etanol untuk pertama kalinya di negara itu.

Motor itu mengusung nama Apache RTR 200 Fi E100. Ini menjadi bagian dari proyek pemerintah yang tengah gencar memproduksi kendaraan ramah lingkungan untuk mengurangi polusi udara.

Sejatinya, TVS sudah memamerkan konsep Apache RTR 200 4V Ethanol dalam ajang Auto Expo 2018 di New Delhi tahun lalu. Namun baru bisa diperkenalkan ke masyarakat pada pertengahan Juli 2019.

Bahan bakar etanol dianggap menjadi pilihan yang tepat. Jenis cairan itu dihasilkan oleh sejenis tanaman seperti jagung, singkong, tebu dan kentang. Jadi diproduksi di dalam negeri sekaligus bisa diperbaharui.

Meski begitu, untuk menggerakkan motor RT 200 F1 E100 dibutuhkan bahan campuran yang terdiri dari 20 persen bensin dan 80 persen etanol. Kombinasi itu diklaim bisa mengurangi emisi karbon monoksida dan sulfur dioksida.

 Apache RTR 200 Fi E100, motor berbahan bakar etanol. (YouTube/ Motorids)
Apache RTR 200 Fi E100, motor berbahan bakar etanol. (YouTube/ Motorids)

Dikutip dari laman Bussines Today, pun kalau soal tampilan motor berbahan etanol tak kalah keren dengan kendaraan lainnya. Motor kali ini mengusung gaya naked bike dengan kesan sporty.

Soal performanya, Apache RTR 200 Fi E100 terbilang mengesankan. Motor itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 21 PS dan torsi puncak 18,1 Nm. Senada dengan hal itu karena keistimewaan yang dimiliki, motor berbahan etanol dibanderol 120 rupee atau sekitar Rp 24,3 juta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini