Anti Robek, Begini Cara Ampuh Merawat Jok Motor

Perawatan bisa dimulai dari pilihan tempat parkir.

Suara.Com
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
Anti Robek, Begini Cara Ampuh Merawat Jok Motor

Suara.com - Jok alias tempat duduk menjadi komponen penting dari sebuah kendaraan. Namun seiring berjalannya waktu, jok bisa saja robek.

Hal itu tentunya menjadi masalah. Apalagi biasanya jok terbuat dari busa bagian dalamnya, jadi bila lapisannya robek bisa basah dan mengurangi kenyamanan berkendara.

Selain itu, jok juga menentukan estetika tampilan kendaraan. Meski bodi motor kinclong tapi kalau joknya robek, akan jadi pusat perhatian.

Untuk mengantisipasi hal itu, berikut cara ampuh merawat jok motor agar tidak mudah robek.

1. Bila jok tersebut bawaan dari pabrikan, pemilik kendaraan alangkah lebih baik sering membersihkan bagian itu dengan lap sampai bersih. Namun, bagi orang yang gemar memodifikasi jok, alangkah lebih baik memilih bahan kulit yang berkualitas.

2. Selanjutnya, semprot jok dengan cairan pembersih khusus. Cairan sejenis itu mudah ditemukan di pasaran, tinggal pilih merek sesuai selera.

Bahan jok motor. [Suara.com/Manuel Jeghesta]
Bahan jok motor. [Suara.com/Manuel Jeghesta]

3. Setelah disemprot dengan cairan khusus, bersihkan cairan itu dengan lap lembut yang ditambahkan sedikit air. Lalu, bersihkan permukaan jok secara merata.

4. Untuk hasil maksimal, segeralah keringkan jok dengan lap bersih dan kering. Jangan sampai ada cairan yang tertinggal di atas permukaan.

5. Saat memarkir motor, usahakan memilih tempat yang teduh tidak terkena panas dan hujan. Sebab jok khususnya yang berbahan kulit sensitif dengan cuaca.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini