Tabrakan Beruntun Tol Cipularang, Ada 5 Kudapan Cegah Kantuk Saat Nyetir

Belajar dari tabrakan beruntun Tol Cipularang, kegiatan mengunyah bantu konsentrasi saat mengemudi.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Tabrakan Beruntun Tol Cipularang, Ada 5 Kudapan Cegah Kantuk Saat Nyetir
Ilustrasi wortel [Shutterstock].

Suara.com - Salah satu dugaan penyebab terjadinya tabrakan beruntun di Tol Cipularang Km 92 ruas Purbaleunyi dari Bandung arah Jakarta yang terjadi Senin (2/9/2019) disebabkan kondisi pengemudi mengantuk, demikian disebutkan Polisi.

Kondisi mengantuk bisa terjadi karena beberapa hal, seperti kurangnya glukosa dalam aliran darah, jemu terhadap kegiatan tertentu atau monoton yang dilakukan tanpa jeda selama beberapa jam, sampai kelelahan fisik.

Seseorang beraktivitas menyetir dalam kondisi mengantuk. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Seseorang beraktivitas menyetir dalam kondisi mengantuk. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Tindak preventif bagi pengemudi, terutama bila tengah menyetir jarak jauh termasuk melalui jalan bebas hambatan atau tol adalah berusaha terus terhidrasi. Caranya adalah menenggak air mineral atau air putih. Selain itu, seperti dikutip dari Men's Health adalah mengunyah kudapan atau camilan ringan.

Kudapan macam apakah yang bisa dikonsumsi oleh pengemudi selagi beraktivitas menyetir?

Tentunya jenis-jenis ringan, tanpa potensi menimbulkan kantuk atau berpotensi mengganggu indera perasa sampai indera penciuman. Semisal mengandung unsur merica, cabai atau citarasa asam berlebihan.

"Kata snack atau kudapan tidak identik dengan junk food," demikian jelas Dena Champion, ahli gizi dari The Ohio State University Wexner Medical Center.

"Karbohidrat menyediakan sumber energi, dan protein membantu Anda merasa kenyang dan puas. Kudapan boleh diartikan sebagai versi makanan di meja makan namun dalam porsi mini. Sehingga unsur kecukupan gizi terpenuhi," lanjutnya.

Berikut adalah lima (5) pilihan yang dianjurkan:

1. Wortel mentah atau anggur (pilih varian tanpa biji bila ingin lebih ringkas)

Berada di jalan, berpotensi menghadirkan rasa bosan. Salah satu "pelarian" pengemudi adalah menghabiskan waktu dengan mengunyah.

"Wortel dan anggur siap mengisi mulut kita sampai berkilometer jauhnya tanpa mendatangkan rasa bersalah. Tidak butuh peralatan khusus lagi buat menyantapnya. Bahkan ada bonus: aktivitas menggigit dan mengunyah wortel membuat pengemudi tetap terjaga dan waspada," papar Stephanie Maxson, M.S., R.D., ahli gizi klinis di MD Anderson Cancer Center dari University of Texas.

2. Telur rebus

Mudah dibawa, dan mudah dicerna pengemudi, penuh protein penekan rasa lapar. Bila ingin variasi, padukan dengan karbohidrat kompleks dan nutrisi, seperti roti gandum. Bentuk semacam sandwich sekali suap yang sudah disiapkan sebelum berangkat.

3. Oatmeal

Penuh serat dan karbohidrat kompleks, oatmeal akan membuat tubuh anti lapar dalam perjalanan jauh. Buatlah variasi menarik karya sendiri sebelum berangkat. Misalnya dicampur selai kacang, rempah-rempah seperti kayumanis, serta buah kering semisal ksimis dan kurma, lalu dibentuk bola-bola sekali suap.

4. Muesli bar

Olahan aneka biji-bijian dan buah kering dalam bentuk batangan yang mudah didapatkan di supermarket. Baca label dengan seksama sebelum membeli untuk menghindari alergi maupun kandungan bahan "tidak jelas".

5. Kacang-kacangan

Ini juga mirip dengan nomor (3) dan (4), unsur lemak, serat dan protein sehat sudah mencakup semuanya. Bisa dibuat sesuai keinginan sendiri. Misalnya mencampur aneka kacang-kacangan favorit dengan sereal gandum dan buah kering.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini