Rayakan Hari Bumi, ITS Gelar Uji Emisi Kendaraan Roda Empat

Untuk mengetahui rata-rata kelayakan kendaraan bermotor roda empat di Surabaya.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Rayakan Hari Bumi, ITS Gelar Uji Emisi Kendaraan Roda Empat
Aktivitas pengujian emisi kendaraan roda empat yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS di Surabaya (Suara.com/Humas Environation 2016).

Suara.com - Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS (HMTL ITS) menggelar acara Surabaya Environmental Expo (SEE) di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, pada sabtu (23/4/2016), untuk memperingati Hari Bumi Sedunia.

Acara yang menjadi bagian dari Environation 2016, itu digelar dengan melakukan uji emisi terhadap kendaraan roda empat di Surabaya. Ketua Environation, Parama Maharddhika, memaparkan bahwa SEE bertujuan untuk mengetahui rata-rata kelayakan kendaraan bermotor roda empat di Kota Pahlawan itu.

Uji emisi dilakukan untuk memastikan emisi kendaraan roda empat layak atau tidak berdasarkan baku mutu. Uji emisi dinilai penting untuk mendorong pengendara berpartisipasi dalam mengurangi emisi karbon dioksida di Surabaya. Hal ini relevan dengan UU No. 22 tahun 2009 setiap kendaraan bermotor harus sesuai baku mutu.

Gelaran ini dibuka oleh Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES. Ph.D. Turut hadir dalam kesempatan itu perwakilan Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Surabaya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, dan Perwakilan Dinas Pertamanan Kota Surabaya.

Selain melakukan uji emisi, para mahasiswa yang berkolaborasi dengan HMJ dan Komunitas Lingungan Se-Surabaya, juga membagi bibit pohon kepada masyarakat. Tidak hanya itu, perwakilan dari jurusan Teknik Lingkungan pun berorasi mengenai pentingnya menjaga bumi bagi generasi mendatang.

Environation 2016 sendiri merupakan acara terbesar dari Jurusan Teknik Lingkungan FTSP ITS sejak tahun 2014. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap kondisi lingkungan dewasa ini.

Environation 2016 berlangsung pada tanggal 27-28 Februari untuk sub event Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan dan pada 23 April 2016 Surabaya Environmental Expo.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini