Selasa, 22 Januari 2019

Bantu Sejahterakan Masyarakat, Alumni UGM Gelar Bakti Sosial

Suasana pesta rakyat dihadirkan dengan program ini.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri
Bantu Sejahterakan Masyarakat, Alumni UGM Gelar Bakti Sosial
Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar bakti sosial (baksos) di Joglo Mbah Mono, Jalan Palagan Km 12, Dusyn Gondang Lutung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018). (Dok: UGM)

Suara.com - Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar bakti sosial (baksos) di Joglo Mbah Mono, Jalan Palagan Km 12, Dusyn Gondang Lutung, Desa Donoharjo , Kecamatan Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018). Kegiatan ini diramaikan dengan pasar sembako murah, pasar baju-baju bekas layak pakai, pemeriksaan kesehatan gratis, kerja bakti, dan pentas kesenian rakyat.

Koordinator baksos Ir. Budi Setiyono, M.M. menyampaikan, acara ini dilaksanakan oleh Komunitas alumni UGM dan masyarakat sekitar. Alumnus Fakultas Kehutanan UGM ini menyebut, acara baksos ini dihadiri 500-an alumni UGM.

Hal ini merupakan wujud sinergitas dan kerja nyata dari para alumni UGM untuk bersama-sama melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Alasan memilih baksos, menurut Budi, antara lain untuk nguri-nguri desa, merangkul masyarakat, dan menghadirkan nuansa yang merakyat. Hal ini juga sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang pernah diajarkan kepada para alumni selama kuliah di Kampus Kerakyatan.

Suasana pesta rakyat dihadirkan dengan program ini. Kegiatan ini juga menjadi bentuk ekspresi alumni dalam menyambut pemilu, yang mereka sebut sebagai pesta demokrasi, suasananya riang gembira, gotong-royong, dan saling menghormati satu sama lain.

Menurut Budi, suasana gembira, guyub, dan menjalin paseduluran dengan siapa saja sudah menjadi ciri khas alumni UGM. Mereka dilahirkan dari Kampus Kerakyatan, kampus nDeso, sehingga sudah terbiasa berbuat hal konkret dan berdampak nyata kepada masyarakat.

Dalam konteks pemilu, hal ini juga sekaligus menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat bahwa pesta demokrasi hingga April mendatang harus berlangsung guyub, rukun, gotong-royong, dan saling menghormati satu sama lain. Begitupun setelah pemilu usai.

Para alumni UGM ini berharap, langkah nyata yang dilakukan pemerintah saat ini mampu membawa dampak nyata berupa pembangunan dan kesejahteraan bagi bangsa dan negara. 

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini