Rabu, 12 Desember 2018

Dapat Lampu Hijau dari Honda, Pedrosa Debut di KTM Lebih Cepat

Debut Pedrosa bersama KTM dimajukan pada 18-19 Desember mendatang di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Suara.Com
Rizki Nurmansyah
Mantan pebalap MotoGP, Dani Pedrosa, saat masih berseragam tim Repsol Honda. Kini, Pedrosa menjadi pebalap penguji KTM. [AFP/Jose Jordan]
Mantan pebalap MotoGP, Dani Pedrosa, saat masih berseragam tim Repsol Honda. Kini, Pedrosa menjadi pebalap penguji KTM. [AFP/Jose Jordan]

Suara.com - Dani Pedrosa bersiap menjalani debutnya bersama KTMpada pertengahan Desember ini. Debut ini lebih cepat dari jadwal semula.

Sebelumnya, pebalap yang memutuskan pensiun dariMotoGPpada tahun ini, dijadwalkan baru akan menjajal pertama kalinya motor KTM pada Februari 2019 nanti di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Namun, CEO KTM Stefan Pierer mengatakan, debut Pedrosa dimajukan pada 18-19 Desember mendatang di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Pierer menjelaskan, pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan pihakHonda, dimana Pedrosa masih terikat kontrak, untuk mengizinkan rider Spanyol itu menjalani debut dengan KTM lebih awal.

"Kami akan beruji coba dengan Pedrosa sebelum Natal, dan bukan hanya pada tes di Malaysia, Februari nanti," kata Pierer, dikutip dariSpeedweek, Rabu (5/12/2018).

"Kami (KTM dan Honda—red) sepakat bahwa Pedrosa tidak akan ikut tes pada bulan November. Tapi, kami telah mendapat solusi yang adil bersama Honda. Saya penasaran dengan hasil tes tersebut," lanjut Pierer.

"Kami memiliki banyak komponen baru untuk diuji coba, karena Mika (Kallio—pebalap penguji KTM) mengalami cedera parah sejak Juli dan belum bisa melakukan tes motor," pungkas Pierer.

Lantaran Dani Pedrosa tidak lagi menjadi pebalap MotoGP secara penuh, maka dia tidak dikenakan larangan tes musim dingin, yang dimulai pada 1 Desember 2018 hingga 31 Januari 2019.

Setelah memutuskan pensiun dari MotoGP, Dani Pedrosa setuju menjadi pebalap penguji KTM. Pebalap berusia 33 tahun itu dikontrak selama dua tahun.

Selama kariernya di kelas MotoGP, Pedrosa telah memenangi 31 balapan dan tiga kali menjadi runner-up MotoGP.

Pedrosa juga tercatat tiga kali menjadijuara dunia, satu di kelas 125cc (tahun 2003) dan dua kali di kelas 250cc (2004 dan 2005).

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini