Bertanggung Jawab Atas Kegagalan Ferrari di F1, Jabatan Arrivabene Dicopot

Arrivabene sendiri dikabarkan akan pindah ke tim sepakbola papan atas Italia, Juventus.

Suara.Com
Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Bertanggung Jawab Atas Kegagalan Ferrari di F1, Jabatan Arrivabene Dicopot
Mantan Tim Prinsipal Ferrari Maurizio Arrivabene. [AFP/Andrej Isakovic]

Suara.com - Tim papan atas Formula 1 (F1) Ferrari mencopot jabatan Maurizio Arrivabane sebagai prinsipal tim. Posisinya digantikan Mattia Binotto yang sebelumnya menjabat sebagai kepala teknik.

Dilansir Autosport, Selasa (8/1/2019), pergantian kursi prinsipal tim Ferrari tak lepas dari kegagalan pabrikan asal Italia itu menjuarai F1 2018.

Arrivabane yang telah menjabat sebagai Tim Principal sejak 2015 silam, dinilai bertanggung jawab atas kegagalan mengangkat kejayaan Ferrari.

Pasalnya, selama kepemimpinan pria asal Italia itu, Ferrari tak mampu bersaing dengan rivalnya, Mercedes.

"Setelah empat tahun komitmen dan dedikasi yang tak kenal lelah, Maurizio Arrivabane meninggalkan tim," demikian pernyataan Ferrari di laman resmi tim, Senin (7/1/2019).

"Keputusan itu diambil bersama-sama dengan pimpinan manajemen perusahaan setelah diskusi yang panjang terkait dengan kepentingan pribadi jangka panjang Maurizio, serta kepentingan tim itu sendiri."

Mattia Binotto sendiri bukanlah orang asing di Ferrari. Dirinya sudah bekerja bersama tim Kuda Jingkrak sejak 1995 sebagai test engine engineer.

Binotto kemudian melanjutkan pekerjaanya di Ferrari pada periode 1997 hingga 2003. Setelah menjabat sebagai chief engineer dan head of engine, pada 2009 dirinya menjabat sebagai head of engine dan KERS.

Pada rentang 2016 hingga 2018, Binotto kemudian menjabat sebagai technical chief atau kepala teknis tim Ferrari.

Hingga kini, Ferrari belum mengumumkan siapa yang akan menempati posisi yang ditinggalkan Binotto.

Kepala Aerodinamik Ferrari, Enrico Cardile, dan Head of Ferrari Engine, Corrado Lotti, menjadi dua calon terkuat untuk mengisi pos kepala teknis Ferrari.

Arrivabene sendiri dikabarkan akan pindah ke tim sepakbola papan atas Italia, Juventus.

"Ferrari ingin mengucapkan terimakasih kepada Maurizio atas kontribusinya yang berharga bagi peningkatan daya saing tim selama beberapa tahun terakhir. Kami berharap yang terbaik untuk usahanya di masa depan," tukas pihak Ferrari.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini