Marquez Dapat Peringatan Keras dari Legenda MotoGP

Marquez kembali dinobatkan sebagai 'Raja Kecelakaan' di kelas MotoGP musim 2018 lalu.

Suara.Com
Rizki Nurmansyah
Marquez Dapat Peringatan Keras dari Legenda MotoGP
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Sabtu (2/4/2016). [AFP/Juan Mabromata]

Suara.com - Legenda MotoGP, Wayne Rainey memperingatkan Marc Marquez akan bahaya ke depannya bila pada tahun ini lagi-lagi banyak mengalami kecelakaan.

Seperti diketahui, Marquez kembali dinobatkan sebagai 'Raja Kecelakaan' di kelas MotoGP musim 2018 lalu.

Tercatat, pebalap Repsol Honda itu 23 kali terjatuh atau kecelakaan di seluruh sesi sepanjang balapan MotoGP 2018.

Jumlah ini mengalahkan catatan pebalap Spanyol lainnya, Alvaro Bautista, yang menempati posisi kedua pebalap paling banyak terjatuh di MotoGP 2018, dengan 21 kali kecelakaan.

Sedangkan tempat ketiga diduduki pebalap Belgia, Xavier Simeon, yang pada musim ini beralih ke balapan MotoE, dengan catatan 18 kali terjatuh.

Angka kecelakaan Marquez pada kompetisi MotoGP musim lalu sejatinya menurun dibanding pada MotoGP 2017—27 kali kecelakaan.

Statistik Pebalap Terbanyak Jatuh di Kelas MotoGP 2018

Namun begitu, hal tersebut tetap saja tak dapat dibenarkan dalam benak Rainey.

Juara dunia tiga kali kelas 500cc itu pun memberi peringatan keras kepada Marquez. Terutama dampak yang dialami ke depannya bila angka kecelakaannya pada MotoGP 2019 berada di atas angka 20.

"Jika Marquez jatuh lebih dari 20 kali lagi pada tahun ini, mungkin dia telah mengalahkan dirinya sendiri," ujar Rainey, dikutip dari Autosport, Jumat (11/1/2019).

"Ketika Anda terjatuh, meluncur ke rumput dengan kecepatan 200 km/jam, mungkin untuk dua meter pertama Anda akan baik-baik saja. Tapi, kemudian jika Anda kembali ke trek, sesuatu yang buruk bisa saja terjadi—cedera parah," lanjutnya.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, melihat ke arah motor Honda RC213V-nya yang rusak setelah dirinya terjatuh pada balapan MotoGP Australia 2016. [AFP/Jeremy Brown]
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, melihat ke arah motor Honda RC213V-nya yang rusak setelah dirinya terjatuh pada balapan MotoGP Australia 2016. [AFP/Jeremy Brown]

"Saya berharap Marquez dapat menemumkan cara untuk lebih konsisten (tidak terjatuh). Dia harus lebih banyak di atas motornya (bukan banyak terjatuhnya)," Rainey menambahkan.

"Sangat tidak sehat melakukan kesalahan (sebanyak) itu. Itu akan membahayakannya," tukas Rainey.

Marc Marquez sendiri bersama para rider MotoGP lainnya saat ini tengah menikmati liburan kompetisi.

Mereka baru akan kembali mengaspal saat tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, 6-8 Februari mendatang.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini