Menpora Minta Pelatnas SEA Games 2019 Segera Bergulir

"Minggu ini pelatnas sudah harus berjalan..."

Suara.Com
Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Menpora Minta Pelatnas SEA Games 2019 Segera Bergulir
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (tengah) usai meneken MoU dengan sejumlah cabor [Suara.com/Arief Apriadi]

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, menghimbau seluruh cabang olahraga untuk mempersiapkan diri demi tampil baik di SEA Games 2019. Sambil menunggu pencairan dana, induk cabor diminta segera menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas).

"Minggu ini disampaikan bahwa pelatnas sudah harus berjalan dengan memberikan prioritas yang lebih besar lagi kepada atlet-atlet junior untuk dipersiapkan di SEA Games 2019," ujar Imam Nahrawi di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Kemenpora sendiri baru saja melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) pencairan dana pelatnas SEA Games 2019 dan Kualifikasi Olimpiade 2020 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Tiga induk cabang olahraga yang telah menandatangani MoU yakni PBSI (bulutangkis), PABBSI (angkat besi), dan PBWI (wushu), direncanakan bakal mendapat guyuran dana pelatnas menuju SEA Games 2019 dan Kualifikasi Olimpiade 2020 paling lambat pada Jum'at (1/3/2019).

Imam berharap penandatanganan MoU dengan ketiga cabang olahraga itu bisa segera diikuti induk cabor-cabor lainnya. Mereka diminta untuk lebih serius membenahi proposal mengajuan anggaran, agar pencairan dana bisa berjalan secepatnya.

"Saya berharap para Ketua Umum masing-masing cabor bisa datang. Karena saya ingin menyaksikan langsung. Kalau ada hal-hal (yang ingin disampaikan) jangan memakai pihak ketiga untuk berbicara, agar Menteri bisa berkoordinasi dan memastikan sekaligus minta komitmen dari cabor," papar Imam.

Lebih jauh, Imam Nahrawi meminta masing-masing induk cabang olahraga yang nantinya mendapat kucuran dana pelatnas, bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Target yang dipaparkan dalam proposal pengajuan harus bisa direalisasikan.

"Harapan kita dana pelatnas yang terbatas ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, dipertanggungjawabkan setertib mungkin. Agar, saya sebagai pengguna anggaran bisa menyiapkan secara administratif kesesuaiannya dengan peraturan dan undang-undang yang ada," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, pencairan dana pelatnas menuju SEA Games 2019 dan Kualifikasi Olimpiade 2020 sempat mendapat hambatan. Dana yang seharusnya sudah dicairkan Kemenpora pada akhir Januari 2019, hingga kini belum sepenuhnya mengalir ke rekening masing-masing induk cabang olahraga.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini