Richard: Progres Tontowi Ahmad / Winny Oktavina Kandow Menjanjikan

Kepala pelatih ganda campuran pelatnas PBSI buka suara terkait performa pasangan anyar Tontowi / Winny yang menjalani debut di Barcelona Spain Masters 2019.

Suara.Com
Rully Fauzi | Arief Apriadi
Richard: Progres Tontowi Ahmad / Winny Oktavina Kandow Menjanjikan
Kepala pelatih ganda campuran pelatnas PBSI, Richard Mainaky. [Suara.com / Arief APRIADI]

Suara.com - Kepala pelatih ganda campuran pelatnas PBSI, Richard Mainaky buka suara terkait performa pasangan anyar Tontowi Ahmad / Winny Oktavina Kandow yang menjalani debut di Barcelona Spain Masters 2019 pada 19-24 Januari lalu.

Menurut Richard, penampilan Tontowi / Winny sudah cukup menjanjikan. Hal itu bukan hanya dilihat dari pencapaian, tapi soal kekompakan di atas lapangan dan beberapa aspek teknis lainnya.

"Cukup menjanjikan ya. Di babak 16 besar saat menghadapi wakil Hong Kong (Hee Chun Mak / Chau Hoi Wah), penampilan Winny cukup oke," ujar Richard Mainaky saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2019). 

"Orang awam mungkin cuma ingin melihat mereka menang, tapi kalau sebagai pelatih yang dilihat adalah prosesnya," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, pada turnamen perdananya, Tontowi / Winny berhasil melangkah hingga babak perempatfinal. Hasil itu sudah sesuai dengan target PBSI yang mengharapkan keduanya minimal mencapai delapan besar di empat kejuaraan perdana.

Richard menyebut jika penampilan ganda campuran beda generasi itu punya potensi untuk ditingkatkan lagi. Laga babak perempatfinal menghadapi Choi Sol Gyu / Kim So Yeung (Korea Selatan) menjadi dasarnya.

Meski kalah dengan skor 17-21 dan 20-22, penampilan Tontowi / Winny disebut Richard terlihat menjanjikan. Faktor kekompakan lah yang membuat keduanya harus puas terhenti di perempatfinal.

"Ya begitulah, namanya pasangan baru. Sewaktu Owi / Butet -sapaan akrab Tontowi /Liliyana Natsir- juga tidak langsung cemerlang selama setahun. Kita sekarang bicara Winny yang masih lebih muda dan Owi yang cukup senior, itu yang kita punya," tutur Richard Mainaky.

"Tapi dari segi mental semua tidak ada masalah. Target minimal pun terpenuhi (lolos hingga delapan besar). Tapi Owi sendiri memang inginnya bisa masuk hingga semifinal atau juara. Tapi, ya memang perlu proses," tukasnya.

Sebagai informasi, selepas 'bercerai' dengan Liliyana Natsir yang memutuskan gantung raket 27 Januari 2019 lalu, Tontowi mencari parnter yang tepat di sektor ganda campuran.

Setelah tak mendapat progres bagus saat dipasangkan dengan Della Destiara Haris, pebulutangkis 31 tahun itu kini dicoba dengan Winny Oktavina Kandow yang merupakan pemain muda jebolan pratama PBSI.

Setelah menjalani debut di Barcelona Spain Masters 2019, Tontowi / Winny kini tengah berjuang di turnamen BWF World Tour Super 300 lainnya yakni German Open 2019.

Pasangan ganda campuran senior-junior itu berhasil melewati rintangan pertama dengan mengalahkan wakil Malaysia, Chen Tang Jie / Peck Yen Wei dengan skor 21-6, 21-14. 

Di babak kedua, Tontowi / Winny akan berhadapan dengan kompatriotnya sendiri, Hafiz Faisal / Gloria Emanuelle Widjaja. Laga itu akan berlangsung Kamis (28/2/2019) di Innogy Sporthalle, Muelheim An Der Rhur, Jerman.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini