Bahas Persiapan PON 2020, Menpora: Cabor Olympic Jadi Prioritas

PON harus menjadi sarana atlet muda untuk lebih mengembangkan potensi.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Bahas Persiapan PON 2020, Menpora: Cabor Olympic Jadi Prioritas
Menpora Imam Nahrawi hari Senin (4/3/2019) menerima paparan dari Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman terkait progres persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Menpora, Senayan, Jakarta. (Dok : Menpora).

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Senin (4/3/2019), didampingi Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, menerima paparan dari Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman terkait progres persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua, di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Menpora, Senayan, Jakarta.

Menpora berharap, KONI Pusat telah berkoordinasi dengan PB PON dan pihak terkait.  

"Ini menjadi penting untuk memastikan bahwa kita mempersiapkan dari awal, agar tidak ada kebutuhan mendesak terkait dengan kebutuhan anggaran," katanya.

Menurutnya, penganggaran PON adalah fokus pada penyelenggaraan, namun tidak semuanya, karena dicampur dengan sebagian PB dan Pemprov Papua.

"Seperti PON Jawa Barat, kita hanya membantu untuk akomodasi, transportasi. Selebihnya membantu KONI dalam hal pengawasan penyelenggaraan PON itu sendiri," ujarnya.

Menpora mengatakan, beberapa cabang olympic dipertandingkan di PON, persyaratan tentang usia juga harus diperhatikan agar senada dengan rencana pemerintah untuk memberikan ruang yang luas bagi atlet-atlet junior.

"Sport olympic harus betul-betul menjadi nomor satu. Penyelenggaraan PON bukan semata-mata untuk PON saja, tetapi dalam rangka juga untuk penjenjangan atlet junior," tuturnya.

"PON harus menjadi sarana atlet muda untuk lebih mengembangkan potensi dan prestasinya sehingga gagasan PON per dua tahun adalah sesungguhnya untuk melakukan percepatan atlet, infrastruktur, pengalaman penyelenggaraan provinsi dan percepatan ekonomi daerah penyelenggara," katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat, Tono Suratman mengatakan, cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON 2020 adalah 46 cabor dan 766 nomor pertandingan berdasarkan hasil akhir koordinasi dengan PB PON.

"Beberapa cabor yang telah melaksanakan pelatnas, yakni atletik, canoing, rowing, angkat berat, renang, judo, taekwondo, wushu dan golf," ujarnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini