Menpora Ingin Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2020

Persiapan NPC hingga saat ini telah terlaksana.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Menpora Ingin Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2020
Menpora Imam Nahrawi bersama Sesmenpora Gatot S Dewa Broto hari Senin (4/3/2019), menerima paparan dari Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun yang hadir bersama Ketua IV NPC Sapta Kunta P, Wasekjen Sophia Prawindya, Binpres NPC Slamet Widodo dan beberapa anggota lainnya di ruang rapat lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. (Dok : Menpora).

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Senin (4/3/2019) menerima paparan dari Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, yang hadir bersama Ketua IV NPC Sapta Kunta P, Wasekjen Sophia Prawindya, Binpres NPC Slamet Widodo dan beberapa anggota lainnya, di ruang rapat lantai 10 Kantor Menpora, Senayan, Jakarta Selatan.

Pertemuan dilakukan dalam rangka persiapan Indonesia menuju ASEAN Para Games (APG) 2020 di Filipina, Peparnas 2020 di Papua dan Paralimpiade 2020 di Tokyo. APG Filipina akan dilaksanakan Januari 2020, yang persiapannya diharapkan lebih matang, mulai dari pelatnas, anggaran, dan kebutuhan lainnya.

Menpora berharap target APG 2020 adalah  juara umum

"Kami berharap, target APG ini langsung saja target juara umum, dan mohon masukan dari pemerintah dapat diterima dengan baik," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelum Peparnas dan PON, akan ada Popnas dan Peparnas. Ia berharap, NPC terlibat bersama dengan PB-PB terkait sehingga ada persiapan, pematangan sekaligus memastikan venue-venue yang dibangun pemprov dan pusat sudah ramah disabilitas. Menpora juga berharap, NPC ke depan dapat menggandeng sponsor. 

"Perencanaan anggaran tolong dimaksimalkan, diverifikasi lagi menuju paralympic-nya karena ajang yang paling bergengsi ya, di Paralimpiade 2020 ini. APG disiapkan juga untuk batu loncatan ke level lebih tinggi," katanya.

Senny Marbun mengatakan, persiapan NPC hingga saat ini telah terlaksana, mulai dari APG Filipina hingga Paralimpiade Tokyo 2020.

"APG Filipina akan dilaksanakan pada 17 hingga 25 Januari 2020. Target kita di sana adalah juara umum dengan kisaran perolehan minimal 100 medali emas, sementara cabang olahraga yang diikuti adalah 14 dari 17 cabang olahraga dengan 400 atlet dan ofisial," katanya.

"Paralimpiade Tokyo akan dilaksanakan pada 25 Agustus hingga 6 September 2020, dan atlet kita yang ditargetkan lolos kualifikasi sekaligus untuk APG Filipina dan Paralympic-nya adalah dari beberapa cabor, yakni atletik, cycling, badminton, power lifting, shooting, swimming dan table tennis," tambahnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini