Giring: Piala Presiden e-Sports Murni Ide Presiden Jokowi

Konsep Piala Presiden e-Sports sejatinya sudah dipikirkan pemerintah sejak 2017 silam.

Suara.Com
Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Giring: Piala Presiden e-Sports Murni Ide Presiden Jokowi
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo berangkat menggunakan pesawat kepresidenan ke Gorontalo. [Dok. Biro Pers]

Suara.com - Ketua Komite Organisasi Piala Presiden e-Sports 2019, Giring Ganesha mengatakan, turnamen Piala Presiden e-Sports 2019 yang mempertandingkan game Mobile Legends: Bang Bang murni keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Indonesia Esports Permier League (IESPL) selaku penyelenggara, disebut Girng hanya menjalankan mandat dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), yang sejak dua tahun lalu telah mendiskusikan gelaran e-Sports terbesar di Tanah Air, bersama orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Piala Presiden e-Sports 2019 bukan ide IESPL. Tapi ide dari Presiden Joko Widodo langsung. Pak Jokowi ingin e-Sports itu diperbesar, diamanahkan lewat Pak Triawan Munaf, ketua Bekraf," kata Giring Ganesha di Thamrin Nine, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Lebih jauh, Giring yang menjabat Presiden IESPL menjelaskan, konsep Piala Presiden e-Sports sejatinya sudah dipikirkan pemerintah sejak 2017 silam.

Namun, karena banyaknya kesibukan dan pertimbangan, baru tahun inilah ide besar itu bisa dieksekusi.

Ketua Komite Organisasi Piala Presiden e-Sports 2019, Giring Ganesha, ditemui usai konferensi pers jelang babak final Piala Presiden e-Sports 2019 di Thamrin Nine, Jakarta, Selasa (12/3/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Ketua Komite Organisasi Piala Presiden e-Sports 2019, Giring Ganesha, ditemui usai konferensi pers jelang babak final Piala Presiden e-Sports 2019 di Thamrin Nine, Jakarta, Selasa (12/3/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Menurut Giring, Piala Presiden e-Sports 2019 yang terlaksana berkat dukungan dari empat kementerian, yakni Kemenpora, Kemkominfo, Bekraf, dan Kantor Staf Presiden, harus bisa menjadi wadah perkembangan e-Sports Tanah Air.

Tak hanya jadi pemantik, Giring berharap kompetisi olahraga elektronik itu juga bisa memberi contoh dan efek positif kepada para pelaku e-Sports mulai dari atlet, pengelola tim, komentator, dan sebagainya.

"Ini sangat berguna untuk atlet e-Sports. Semua yang ada di ekositem Piala Presiden e-Sports 2019 ini, baik dari IESPL dan 4 Kementerian maupun sponsor memiliki tugas dan tujuan yang sama. Bagaimana kita membuat e-Sports ini tak hanya atletnya jago main game, tapi bisa berbisnis, jaga finansial mereka, bagaimana mental mereka bisa dikembangkan," tukas vokalis yang tengah vakum di band Nidji tersebut.

Piala Presiden e-Sports 2019 telah memasuki babak kualifikasi nasional. 16 tim e-Sports profesional akan memperebutkan delapan tiket ke babak grand final yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada 30-31 Maret 2019.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini