Tunjuk Rionny Mainaky Jadi Pelatih Tunggal Putri, Ini Pertimbangan PBSI

Rionny Mainaky baru akan resmi melatih sektor tunggal putri PBSI pada 1 April mendatang.

Suara.Com
Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Tunjuk Rionny Mainaky Jadi Pelatih Tunggal Putri, Ini Pertimbangan PBSI
Rionny Mainaky (kedua dari kanan) saat masih melatih sektor ganda putra Jepang. Kini, Rionny Mainaky resmi menjadi pelatih tunggal putri PBSI. [Instagram@Keigo0220]

Suara.com - PBSI baru saja resmi mengumumkan Rionny Frederik Lambertus Mainaky sebagai kepala pelatih tunggal putri Pelatnas. Pemilihan Rionny Mainaky nyatanya membutuhkan waktu lama dan pertimbangan yang matang.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti menjelaskan, pihaknya sudah sejak lama mencari sosok yang tepat untuk menangani Fitriani dan kawan-kawan.

Namun, dari belasan nama yang yang muncul, hanya Rionny Mainaky yang dinilai Susy paling cocok menjabat sebagai kepala pelatih sektor tunggal putri PBSI.

Pertimbangannya, pencapaian adik kandung Richard Mainaky itu saat melatih sektor ganda putra Jepang dianggap cukup mentereng.

Sebagaimana diketahui, di bawah asuhan Rionny Mainaky, prestasi sektor ganda putra Jepang melesat cukup tajam.

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe kini masuk jajaran Top 5 terbaik di dunia.

"Memang mencarinya gampang-gampang susah. Kalau melatih kan bukan cuma chemistry, tapi juga kami melihat program, kebutuhan, pastinya pengalaman dan mencetak prestasi," kata Susy Susanti dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Jumat (15/3/2019).

"Dari semua penilaian itu, disaring, didiskusikan, ada kesepakatan, kecocokan dan visi misi, akhirnya kami putuskan, sepertinya yang paling cocok adalah Rionny," ungkap peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 tersebut.

Sebagaimana diketahui, kursi pelatih sektor tunggal putri PBSI sudah lowong sejak 2017 silam. Minarti Timur selaku asisten menyambi sebagai kepala pelatih dalam periode tersebut.

Kehadiran Rionny Mainaky di Pelatnas PBSI diharapkan bisa memajukan sektor tunggal putri yang sejak bertahun-tahun silam minim menelurkan atlet kelas dunia dan berprestasi.

Susy sendiri mengatakan Rionny Mainaky baru akan resmi melatih Gregoria Mariska dan kawan-kawan pada 1 April mendatang.

"Sudah diputuskan Rionny Mainaky menjadi pelatih utama tunggal putri. Resminya mulai melatih tanggal 1 April. Tapi di akhir bulan Maret ini, Rionny sudah ada di Cipayung," kata Susy.

Dalam proses menggembleng tunggal putri PBSI, Rionny Mainaky akan didampingi Minarti Timur selaku asisten pelatih, serta Herli Djaenudin yang merupakan pelatih tunggal putri pratama.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini