Peraih Medali Emas APG 2018 Penasaran Jajal Sirkuit Mandalika

MotoGP Indonesia 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika.

Suara.Com
Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Peraih Medali Emas APG 2018 Penasaran Jajal Sirkuit Mandalika
M. Fadli Imammudin menggigit medali emas usai menjuarai final nomor individual pursuit putra C4-C5 para-sepeda di Asian Track Championships 2019 di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Fadli berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu (setelah difaktorkan) empat menit 56,965 detik menyingkirkan pembalap sepeda Iran Mahdi Mohammadi dengan catatan waktu lima menit 23,920 detik. ANTARA FOTO/Aditya ES Wicaksono

Suara.com - Mantan pembalap motor nasional, Muhammad Fadli Immammuddin penasaran ingin menjajal Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Lelaki yang kini tercatat sebagai atlet balap sepeda itu ingin merasakan sensasi berkendara ala pembalap MotoGP.

Sirkuit Mandalika baru akan dibangun pada September 2019. Lintasan balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika itu akan digunakan sebagai venue MotoGP Indonesia 2021 mendatang.

Muhammad Fadli yang pernah berkiprah di ajang Moto2 pada 2013 silam itu sejatinya sudah pensiun di dunia balap motor. Namun, kehadiran MotoGP di Indonesia membuatnya ingin kembali 'mengaspal'.

"Saya masih sering latihan motor dan pengen banget coba Sirkuit Mandalika nanti. Saya harus merasakan bagaimana speed-nya di sana," ujar Muhammad Fadli Immammuddin.

Sebagaimana diketahui, karier Fadli di dunia balap motor berakhir setelah mengalami kecelakaan parah di Asia Road Racing Championship 2015 yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor.

Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3).[ARSYAD ALI/AFP]
Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3).[ARSYAD ALI/AFP]

Kecelakaan tersebut membuatnya kehilangan kaki kiri. Namun hal itu tak membuat Fadli patah semangat untuk menorehkan prestasi. Ia kini memilih karier sebagai pembalap sepeda disabilitas.

Kemampuan Fadli di dunia balap sepeda tak main-main. Turut berpartisipasi di ajang Asian Para Games (APG) 2018, atlet kelahiran Cibinong, Bogor, itu berhasil menyabet medali emas di nomor Men's Individual Pursuit 4.000 meter.

"Kangen sekali (ikut balap motor). Saya masih latihan sampai sekarang. Selama itu tidak mengganggu jadwal latihan saya (sebagai atlet balap sepeda), masih oke di usia segini," pungkas atlet 34 tahun itu.

Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) selaku pemegang lisensi MotoGP Indonesia menargetkan pembangunan sirkuit dengan panjang lintasan 4,32 kilometer itu selesai pada tahun 2020.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini