Honda Belum Bisa Indentifikasi Masalah Motor Lorenzo di MotoGP AS

Jorge Lorenzo gagal finis di MotoGP Amerika Serikat setelah mengalami masalah mekanis

Suara.Com
Reky Kalumata
Honda Belum Bisa Indentifikasi Masalah Motor Lorenzo di MotoGP AS
Rider Spanyol Jorge Lorenzo saat sesi latihan di MotoGP Argentina. JUAN MABROMATA / AFP

Suara.com - Rider Honda Jorge Lorenzo gagal menyelesaikan balapan di Sirkuit Americas (COTA), Austin, Texas, pekan lalu. Namun, manajer tim Repsol Honda Alberto Puig mengaku belum bisa mengidentifikasi masalah yang didapati oleh pebalapnya tersebut.

"Saat ini kami belum mengetahui apa yang terjadi pada motor Lorenzo, kami masih melakukan investigasi dan kami butuh waktu untuk memahami apa masalahnya," kata Puig seperti dikutip laman resmi MotoGP seperti dilansir Antara, Rabu (17/4/2019) malam.

Balapan MotoGP Amerika Serikat pada Minggu (14/4/2019) menjadi pekan buruk bagi Honda. Marc Marquez, yang mengincar gelar juara di Austin untuk ketujuh kalinya berturut-turut, terjatuh di lomba dan kehilangan kesempatannya.

Sementara rekan satu timnya, Jorge Lorenzo mengalami masalah mekanis untuk kedua kalinya pekan itu. Rantai motor Lorenzo terlepas di sesi kualifikasi Q2, kejadian yang serupa menimpa Marquez di sesi latihan bebas di Argentina pekan sebelumnya.

Kemudian di balapan, Lorenzo harus menepi di Tikungan 12 pada putaran ke-11 balapan karena mendapati motornya bermasalah. Puig mengungkapkan bahwa Marquez terjatuh karena kehilangan daya cengkeram ban depan.

"Target Jorge adalah sepuluh besar, tapi di dua lap pertama dia tidak terlalu cepat. Saat dia mulai stabil, dia menjaga ritme balapannya dengan baik dan sedang naik posisinya, tapi kemudian dia mengalami masalah yang kami belum tahu sepenuhnya," ujarnya.

Sementara Lorenzo pun mengaku kecewa jika di tiga balapan terakhir, motornya selalu bermasalah.

"Banyak kekecewaan di tiga balapan ini terjadi tiga hal yang berbeda yang menghindarkan kami untuk mencapai hasil yang lebih baik, terlebih di balapan kali ini," kata Lorenzo.

"Ada kejuaraan di mana semuanya berjalan sempurna seperti yang aku jalani pada 2010 misalnya, sementara kali ini kebalikannya," kata juara dunia lima kali itu.

Walaupun tidak mengemas satu poin pun, sisi positif bagi Honda adalah bahwa Marquez tidak mengalami cedera di Austin.

Setelah gagal meraup poin di Austin, Marquez mengungkapkan perasaannya lewat akun Twitternya.

"Kami adalah manusia, kami membuat kesalahan, tapi yang paling penting adalah belajar dari mereka. Terima kasih atas dukungannya, kami akan kembali lebih kuat!"

Marquez kini berada di peringkat empat klasemen sementara dengan 45 poin, terpaut empat poin dari Rins yang naik ke peringkat tiga. Sementara balapan seri keempat MotoGP akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, 5 Mei nanti.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini