Gagal Aksi Stoppie, Pebalap Italia Ini Permalukan Diri Sendiri

Kesalahan yang bisa jadi paling memalukan dialami oleh seorang Stefano Manzi, pebalap asal Italia.

Suara.Com
Rizki Nurmansyah
Gagal Aksi Stoppie, Pebalap Italia Ini Permalukan Diri Sendiri
Pebalap Stefano Manzi menabrak bagian belakang motor pesaingnya, Miguel Oliveira, setelah gagal melakukan aksi stoppie. Insiden ini terjadi pada kualifikasi Moto3 Spanyol di Sirkuit Jerez tahun 2015 silam. [Screenshot YouTube@MotoGP] Pebalap Moto2 asal Italia, Stefano Manzi, bersama keluarganya. [Instagram@stefanomanzii]

Suara.com - Tak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan para pebalap yang tak jarang melakukan kesalahan. Contohnya kesalahan yang bisa jadi paling memalukan dialami oleh seorang Stefano Manzi.

Insiden itu terjadi pada tahun 2015 silam saat kualifikasi Kejuaraan MotoGP Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez. Tahun itu merupakan debutnya sebagai pebalap profesional di kelas Moto3.

Kejadian ini bermula setelah Manzi gagal melakukan aksi stoppie (pengereman keras yang membuat ban belakang terangkat—red).

Akibatnya, pebalap yang saat itu memperkuat tim San Carlo Italia justru menabrak bagian belakang motor pesaingnya, Miguel Oliveira, yang tengah berada di tepi lintasan.

Tak hanya sampai disitu, Manzi pun terjungkal ke motor Oliveira. Untungnya saat itu pebalap kelahiran Rimini, Italia, 29 Maret 1999 itu tidak dalam kecepatan tinggi.

Pebalap Moto2 asal Italia, Stefano Manzi, bersama keluarganya. [Instagram@stefanomanzii]
Pebalap Moto2 asal Italia, Stefano Manzi (tengah), bersama keluarganya. [Instagram@stefanomanzii]

Oliveira hanya bereaksi dengan menggeleng-gelengkan kepala setelah terkaget motornya ditabrak dari belakang.

Kesalahan memalukan Manzi tak hanya berhenti sampai disitu. Motor Mahindra MGP3O yang ditungganginya tak mau hidup lagi.

Beruntung ada kompatriotnya dari tim Gresini Racing Team Moto3, Enea Bastianini, yang sudi menolong dan mengantarnya hingga ke pit lane.

Insiden kegagalan aksi stoppie yang dilakukan Stefano Manzi ini diunggah videonya oleh akun resmi MotoGP di Twitter pada, Kamis (25/4/2019).

"Jangan khawatir...terkadang para profesional pun bisa salah! Semoga tidak ada lagi performa dan insiden seperti itu di tahun ini!" cuitnya.

Sejak di-posting, video ini telah ditonton lebih dari 45 ribu. Video tersebut mendapat ragam tanggapan dari warganet.

"Dalam Bahasa Indonesia Miguel (akan) mengatakan 'ni bocah ngapa yakkk.." tulis pemilik akun @K_wijoyo.

"Itulah yang kami sebut memalukan," kata @PatMTP34 dalam bahasa Prancis.

Setelah empat tahun berlalu, kini Stefano Manzi berkancah di kelas Moto2. Pebalap berusia 20 tahun itu saat ini memperkuat tim MV Agusta Idealavoro Forward.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini