Prediksi MotoGP Prancis, Pembalap Spanyol dan Titik Balik

Tujuh musim berturut-turut, sirkuit MotoGP Prancis didominasi pembalap Spanyol.

Suara.Com
Rauhanda Riyantama | Praba Mustika
Prediksi MotoGP Prancis, Pembalap Spanyol dan Titik Balik
Pebalap tim Ducati, Andrea Dovizioso. (Motogp.com)

Suara.com - Pembalap Petronas Yamaha SRT asal Prancis, Fabio Quartararo, boleh jadi mencuri perhatian dengan performa apiknya di sesi latihan bebas alias Free Practice (FP). Rider 20 tahun itu, sudah jadi buah bibir sejak MotoGP Spanyol, setelah sukses raih waktu tercepat di sesi kualifikasi. Namun sirkuit Le Mans, masih didominasi oleh pembalap Spanyol. Lantas, bagaimana prediksi MotoGP Prancis yang akan berlangsung Minggu (19/5).

MotoGP Prancis bisa jadi waktu yang tepat, untuk pembalap tuan rumah, Fabio Quartararo unjuk gigi. Tren positif sejak MotoGP Spanyol, membuat namanya cukup diperhitungkan di seri lanjutan MotoGP (Prancis).

Namun pertama, Fabio Quartararo haruslah mendobrak dominasi pembalap Spanyol di Le Mans, yang sudah berlangsung selama tujuh musim berturut-turut.

Tercatat ada tiga nama pembalap Spanyol, yang sukses merengkuh podium pertama di MotoGP Prancis. Jorge Lorenzo (3 kali), Dani Pedrosa (1 kali), Marc Marquez (2 kali) dan Maverick Vinales (1 kali). Duo Suzuki, Joan Mir dan Alex RIns juga pernah meraih podium pertama, masing-masing di Moto2 (2016) dan Moto3 (2017).

Duet pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo, berfoto bersama jelang dimulainya seri perdana MotoGP 2019 di Sirkuit Losail, Qatar, Kamis (7/3/2019). [AFP/Karim Jaafar]
Duet pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo, berfoto bersama jelang dimulainya seri perdana MotoGP 2019 di Sirkuit Losail, Qatar, Kamis (7/3/2019). [AFP/Karim Jaafar]

Melihat tren positif pembalap Spanyol di Le Mans, bukan tidak mungkin, jadi titik balik yang tepat untuk Jorge Lorenzo. Apalagi, saat sesi Free Practice, ia mengatakan sudah bisa beradaptasi dengan Honda RC213V.

Le Mans, juga bukan sirkuit yang (secara spesifik) menguntungkan satu produsen. Setiap tim, punya kesempatan yang sama besarnya di MotoGP Prancis kali ini.

Mengutip dari Asphalt and Rubber, Davidd Emmett menyatakan bahwa Le Mans merupakan tipikal sirkuit stop and go. Artinya, kemampuan pembalap menghadapi tikungan lah, yang patut diperhatikan.

Meski dominasi pembalap Spanyol di Le Mans cukup kuat, namun seperti disebutkan di atas, tidak ada tim yang diuntungkan, lho. Bahkan melihat tipikal sirkuit (stop and go) duo Ducati, Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso malah yang diuntungkan.

MotoGP Prancis tentu tak boleh dilewatkan. Bisa jadi titik balik, untuk Jorge Lorenzo, atau Fabio Quartararo atau malah Ducati. Siapa jagoan kamu?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini