Marc Marquez Bawa Honda Raih Kemenangan ke-300, Siapa yang Pertama?

Kemenangan pertama Honda di kelas primer diraih 53 tahun lalu.

Suara.Com
Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal
Marc Marquez Bawa Honda Raih Kemenangan ke-300, Siapa yang Pertama?
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez beraksi di kualifikasi MotoGP Prancis, Sabtu (18/5/2019) [AFP]

Suara.com - Marc Marquez telah berhasil menjadi juara pada balapan seri kelima yang digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis kemarin (19/5).

Kemenangan juara dunia musim lalu tersebut juga menambah catatan apik bagi tim repsol Honda yang kini telah mengoleksi sebanyak 300 gelar kemenangan.

Namun hal tersebut bukanlah diraih secara instan, mengingat lebih dari lima dekade lalu, Honda bukanlah tim besar di kelas primer yang kini bernama MotoGP.

Mengawali dari kelas yang lebih kecil, akhirnya tim berlogo sayap ini berhasil menjadi memenangi balapan pertama di kelas primer mereka 53 tahun lalu.

Pemenang pertama dari tim Honda di kejuaraan dunia MotoGP. (Twitter/@MotoGP)
Pemenang pertama dari tim Honda di kejuaraan dunia MotoGP. (Twitter/@MotoGP)

Tepatnya pada hari Minggu, 22 Mei 1966, dikutip dari situs resmi MotoGP, tim pabrikan Honda untuk pertama kalinya menjadi pemenang di seri pembuka kejuaraan dunia tahun tersebut, di Sirkuit Hockenheim, Jerman Barat.

Kemenangan tersebut berhasil diraih oleh pembalap bernama Jim Redman. Hasil tersebut semakin istimewa lantaran Redman berhasil mengungguli pembalap dengan gelar terbanyak hingga saat ini, Giacomo Agostini yang berasal dari tim MV Agusta.

Pada saat itu, kelas primer alias kelas 500cc baru dihuni sebanyak enam pembalap termasuk dua pembalap yang tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini