3 Atlet Indonesia Perkuat Tim Asia Pasifik di Kejuaraan Dunia Jr. NBA

"Senang karena bisa membawa nama negara (Indonesia) ke Amerika Serikat," ujar Brian Leonard.

Suara.Com
Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
3 Atlet Indonesia Perkuat Tim Asia Pasifik di Kejuaraan Dunia Jr. NBA
Para atlet yang terpilih memperkuat Tim Asia Pasifik di Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019 berfoto bersama di UPH, Tangerang, Minggu (16/6/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Suara.com - Sebanyak tiga atlet basket junior Indonesia terpilih untuk mewakili Tim Asia Pasifik yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019 di Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Ketiga pebasket muda Tanah Air itu terpilih setelah dinilai tampil bagus dalam ajang kualifikasi yang berlangsung dalam dua tahap.

Tahap pertama berlangsung pada 30-31 Maret 2019 lalu di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Pada tahap ini terpilih masing-masing lima pebasket putra dan putri untuk mengikuti tahap kedua.

Dalam tahap akhir di lapangan basket Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, 15-16 Juni 2019, panitia Jr. NBA menyeleksi sebanyak 68 pebasket junior dari 10 negara zona Asia Pasifik yakni Australia, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.

Pada seleksi akhir tersebut, terpilih masing-masing 10 pebasket putra dan 10 pebasket putri yang bakal memperkuat Tim Asia Pasifik.

Diantaranya ada tiga pebasket junior Indonesia yang terpilih, yakni Brian Leonard (Bunda Mulia School SPK), Vanissa Renata Siregar (SMPN 19 Jakarta), dan Angelica Jenifer Candra (SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta).

Brian terpilih untuk memperkuat tim putra bersama sembilan pebasket junior dari berbagai negara zona Asia Pasifik. Sementara Vanissa dan Angelica didapuk untuk memperkuat tim putri Asia Pasifik.

"Tim ini akan terbang ke Orlando pada Agustus untuk berpartisipasi dalam global Jr. NBA Championship," ujar Jim Wong selaku Associate Vice President of Marketing Partnerships NBA Asia di UPH, Tangerang, Minggu (16/6/2019).

"Mereka akan bertanding melawan tim dari seluruh dunia dan pada bulan tersebut. Kita juga akan menemukan pemenang dari kompetisi Jr NBA ini," sambungnya.

Tiga atlet basket Indonesia, Brian Leonard (kanan), Vanissa Renata Siregar (tengah), dan Angelica Jenifer Candra, terpilih memperkuat Tim Asia Pasifik di Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019, Minggu (16/6). [Suara.com/Arief Apriadi]
Tiga atlet basket Indonesia, Brian Leonard (kanan), Vanissa Renata Siregar (tengah), dan Angelica Jenifer Candra, terpilih memperkuat Tim Asia Pasifik di Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019, Minggu (16/6). [Suara.com/Arief Apriadi]

Sementara itu, Brian Leonard mengaku sangat bangga bisa terpilih mewakili tim Asia Pasifik di Kejuaraan Dunia Jr. NBA 2019. Ia bangga karena secara tak langsung turut mengharumkan nama Indonesia.

"Senang dan kaget. Senang karena bisa membawa nama negara (Indonesia) ke Amerika Serikat," ujar Brian Leonard.

"Saya juga senang karena mendapat teman baru, dapat pengalaman baru. Walaupun, ada kesulitan dengan para pebasket dari negara lain, terutama yang tak bisa bahasa Inggris juga."

Senada dengan Leonard, Vanessa bersykur bisa terpilih menjadi salah satu pebasket muda di ajang bergengsi seperti Jr. NBA.

Ia berharap kesempatan ini bisa mendekatkannya dengan mimpi bermain di timnas basket putri Indonesia.

"Bersyukur banget bisa terpilih, walaupun (dalam prosesnya) ada pemain yang kurang cocok (gaya mainnya) dengan saya. Terkait bahasa juga," kata Vanessa.

"Harapan ke depannya saya saya bisa wujudkan mimpi untuk masuk timnas Indonesia," pungkasnya.

Sebanyak 10 pebasket putra dan putri tim Asia Pasifik sendiri bakal bertarung memperebutkan gelar juara dunia Jr. NBA 2019 pada 6-11 Agustus mendatang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini