ITF World Tour W15: Kalahkan Wakil Jepang, Rifanty Melaju ke Final

Sempat terpancing permainan lawan, Rifanty Kahfiani tertinggal tipis sebelum menang.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
ITF World Tour W15: Kalahkan Wakil Jepang, Rifanty Melaju ke Final
Petenis tunggal putri Indonesia, Rifanty Kahfiani usai laga di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/6/2019) [Suara.com/Arief Apriadi].

Suara.com - Petenis non-unggulan Indonesia, Rifanty Kahfiani berhasil lolos ke babak final sektor tunggal putri ITF World Tour W15 di Jakarta, Sabtu (29/6/2019).

Atlet tenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, ditemui di Lapangan Tenis Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]
Atlet tenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, ditemui di Lapangan Tenis Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]

Rifanty Kahfiani berhasil menggenggam tiket ke partai puncak setelah menundukkan tunggal putri Jepang unggulan ketiga, Michika Ozeki dengan skor 6-3, 6-4 di lapangan tenis Epicentrum Club, Jakarta.

Rifanty Kahfiani tak mendapatkan banyak hambatan pada set pertama. Petenis 21 tahun itu tampil sangat dominan hingga mengamankan kemenangan 6-3.

Memasuki set kedua, wakil Jepang mulai mengubah pola permainan. Rifanty Kahfiani sempat terpancing hingga tertinggal tipis 3-4.

Namun, mojang Bandung kelahiran 19 Februari 1998 ini tetap tampil tenang. Ozeki yang disebutnya menggunakan variasi bola-bola panjang, dinetralisir oleh Rifanty Kahfiani dengan cara menurunkan tempo permainan.

"Saat tertinggal 3-4, saya langsung berpikir harus gunakan cara lain lagi karena dia lebih konsisten. Dia mengubah cara main, saya juga harus harus mengubah," ujar Rifanty usai laga, Sabtu (29/6/2019).

"Kunci kemenangan hari ini saya menggunakan (pukulan) bola berat, dan memperlambat permainan. Dia kan larinya cepat, jadi saya harus siap siaga dan fokus membalikkan," sambungnya.

Kemenangan Rifanty Kahfiani sayangnya tak diikuti oleh wakil tunggal putri Indonesia lainnya. Aldila Sutjiadi yang menjadi unggulan kedua turnamen harus takluk di tangan Arianne Hartono (Belanda) dengan skor 5-7, 4-6.

Kekalahan Aldila Sutjiadi membuat tunggal putri Merah Putih gagal menciptakan All Indonesian Final. Laga antara Rifanty Kahfiani menghadapi Arianne Hartono sendiri akan berlangsung besok, Minggu (30/6/2019).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini