Ortu Asal Jawa, Wong Wing Ki Vincent Anggap Indonesia Rumah Kedua

Datang bertarung membawa bendera Hong Kong, nyatanya ia berdarah Jawa Barat dan Timur.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Ortu Asal Jawa, Wong Wing Ki Vincent Anggap Indonesia Rumah Kedua
Wong Wing Ki Vincent salah satu andalan Hong Kong dalam Indonesia Open 2019 [Suara.com/Arief Apriadi].

Suara.com - Sepintas tak ada yang aneh dari seorang Wong Wing Ki Vincent. Wajah khasnya menegaskan jika atlet 29 tahun itu berasal dari negara Asia Timur. Namun, siapa sangka dalam diri Wong Wing Ki Vincent mengalir deras darah Indonesia.

Pebulutangkis tunggal putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus di Istora Senayan, Jakarta [Suara.com/Arief Apriadi].
Pebulutangkis tunggal putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus di Istora Senayan, Jakarta yang dipatahkan perlawanannya oleh Wong Wing Ki Vincent [Suara.com/Arief Apriadi].

Yup, meski lahir dan besar di Hong Kong, kedua orang tuanya adalah warga etnis Tionghoa asal Jawa. Ayah Wong Wing Ki berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Sementara sang ibu merupakan penduduk Surabaya, Jawa Timur.

"Saya lahir di Hong Kong, tapi kedua orang tua saya orang Indonesia. Mereka sekarang pindah ke Hong Kong. Mereka Chinese Indonesia," ujar Wong Wing Ki Vincent di Istora Senayan, Jakarta.

Wong Wing Ki Vincent lahir di Hong Kong, pada 18 Maret 1990. Sebelum dirinya lahir, ayah dan ibunya menetap di Hong Kong dan membuka usaha restoran khas masakan Indonesia.

Pebulutangkis berpostur tinggi 180 cm itu menyebut, jika Indonesia adalah rumah keduanya. Ia dan keluarga kerap kali mengunjungi kampung halaman sang ayah di Sumedang.

Meski terdaftar sebagai warga negara Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent nyatanya tak serta merta melupakan budaya nenek moyang. Ia mengaku masih kerap datang ke Tanah Air untuk sekedar mencicipi tahu sumedang, sop buntut, hingga es cendol.

"Indonesia adalah kampung halaman kedua saya. Saya suka tahu sumedang. Papa dan mama saya adalah koki di Hong Kong. Mereka membuka restoran khas Indonesia. Namun kini sudah pensiun," jelas Wong Wing Ki Vincent.

"Di luar mengikuti turnamen, saya punya rencana untuk kembali ke Indonesia. Saya akan ajak istri saya ke Bali. Saya harap bisa terlaksana," sambung atlet yang menguasai bahasa Kanton, Mandarin, Inggris, dan Indonesia itu.

Di Indonesia Open 2019 sendiri, Wong Wing Ki Vincent secara mengejutkan berhasil lolos ke babak semifinal. Ia lolos setelah mengalahkan rekan senegaranya yang juga memiliki darah Indonesia, Ng Ka Long Angus.

Wong Wing Ki Vincent berhasil mengalahkan Ng Ka Long dalam pertarungan dua game langsung dengan skor 21-16, 21-13. Di semifinal, ia akan melawan wakil Denmark, Anders Antonsen.

Ketika ditanya apakah bisa mengucapkan kata-kata dengan bahasa Indonesia, peraih gelar juara Vietnam Open 2016 itu melemparkan tawa dan meminta dukungan untuk laga semifinal nanti.

"Saya sedikit gugup bicara bahasa Indonesia. Apa Kabar. Nama saya Wong Wing Ki Vincent, dukung saya di Indonesia Open 2019!" pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini