Formula E Digelar di Jakarta Lima Tahun Berturut-turut

Jakarta resmi menggelar Formula E pada 6 Juni 2020.

Suara.Com
Reky Kalumata | Fakhri Fuadi Muflih
Formula E Digelar di Jakarta Lima Tahun Berturut-turut
Peluncuran Formula E Jakarta. (Suara.com/Fakhri)

Suara.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menggelar Formula E pada 6 Juni 2020. Tidak hanya sekali perhelatan, Jakarta menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik ini untuk lima tahun berturut-turut.

Hal tersebut diungkap oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat mengumumkan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E. Anies mengaku bersyukur dan menyatakan akan memanfaatkan kesempatan ini.

"Bukan hanya satu tahun, kita alhamdulillah mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah lima tahun berturut-turut," ujar Anies di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Peluncuran Formula E Jakarta. (Suara.com/Fakhri)
Peluncuran Formula E Jakarta. (Suara.com/Fakhri)

Menurut Anies investasi yang harus dikeluarkan karena menghelat balapan ini tidak akan terbuang. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk balapan bisa lagi dipakai untuk tahun-tahun berikutnya.

"Maka investasi yang kita lakukan tidak habis percuma karena dipakai satu kali. Justru akan bisa dipakai berkali-kali," jelasnya.

Mantan Mendikbud ini berharap ajang Formula E ini nantinya akan menjadi acara yang ditunggu-tunggu masyarakat setiap tahunnya. Tidak hanya masyarakat Indonesia, tapi turis asing juga diharapnya membludak di Jakarta saat acara ini dihelat.

"Harapannya juga kegiatan ini akan menjadi salah satu event tahunan yang ditunggu oleh masyarakat di Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya, DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik, Formula E. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rencananya akan menggelar ajang ini pada tahun 2020.

Peresmian ini akhirnya diumumkan setelah melalui tahap finalisasi dari pihak FIA selaku inisiator ajang ini. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pembicaraan soal menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E telah tuntas.

Akhirnya Anies menggelar pengumuman mengenai perhelatan Formula E di Jakarta bersama Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Bersama Ketua Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Daryoto dan Ketua Ikatan Motor Indonesia, Sadikin Aksa, Anies menyatakan Formula E di Jakart akan digelar 6 Juni 2020.

"Saya kesini untuk menyanpaikan kepada masyarakat Indonesia bahwa perlmobaan balap mobil Formula E tahun 2020 atau season ke enam akan diselenggarakan pada 6 juni 2020," ujar Anies di lokasi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini