Mengenal Hukuman Long Lap yang Diterima Alex Rins, Aturan Baru?

Rins menjadi 'tester' pertama hukuman tersebut.

Suara.Com
Galih Priatmojo | Cesar Uji Tawakal
Mengenal Hukuman Long Lap yang Diterima Alex Rins, Aturan Baru?
Pebalap Suzuki, Alex Rins, menjalani sesi latihan pertama MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona, Jumat (14/6/2019). [AFP/Lluis Gene]

Suara.com - Pada balapan di Sirkuit Aragon hari ini (22/9/2019), pembalap dari tim Suzuki Alex Rins terpaksa menjalani hukuman di awal balapan.

Hukuman tersebut ia terima lantaran dirinya terlibat insiden dengan pembalap tim Petronas Yamaha Franco Morbidelli.

Insiden tersebut membuahkan hukuman Long Lap penalti (LLP). Apa itu?

Hukuman ini tergolong baru lantaran aturan tersebut baru diterapkan pada musim ini.

Pada hukuman ini, mereka yang dikenai hukuman tersebut harus melaju di jalur khusus, di bagian luar tikungan yang beraspal.

Hukuman ini dinilai lebih adil digunakan untuk insiden karena gaya balap yang terlalu agresif (irresponsible riding) namun dalam taraf yan ringan, jika dibandingkan dengan hukuman turun satu posisi atau hukuman Ride Through Penalty.

Race Director MotoGP Mike Webb merasa hukuman LLP lebih mudah, aman, dan bisa dimonitor, seperti dilansir Crash. Secara umum, hukuman ini diprediksi bakal  membuat penerimanya kehilangan 3-4 detik.

Akibat insiden tersebut, Morbidelli terpaksa harus menepi lebih awal dari lintasan. Sementara Alex Rins menjadi sedikit terganjal dan hanya bisa meraih posisi 9 di MotoGP Aragon.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini