Nilai Transaksi Indocomtech 2016 Tak Penuhi Target

Pameran teknologi Indocomtech 2016 'sepi' pembeli.

Suara.Com
Dythia Novianty
Nilai Transaksi Indocomtech 2016 Tak Penuhi Target
Suasana pameran Indocomtech 2016 di Jakarta. [BRI Indocomtech]

Suara.com - Pameran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang digelar di Jakarta Convention Center, Indocomtech 2016 dengan tema “Gadget is Everywhere” telah ditutup Minggu (6/11/2016) malam. Sayang, nilai transaksi yang tercatat di ajang yang diselenggarakan selama lima hari (2-6 November) tidak berhasil memenuhi target.

Transaksi yang tercatatkan hingga penutupan sebesar Rp600,89 miliar. Sedangkan sebelum pelaksanaan, pihak penyelenggara mengincar transaksi senilai Rp650-660 miliar. Meski tidak memenuhi target, pencapaian transaksi 'sedikit' melebihi nilai transaksi di tahun lalu yang tercatat Rp600,76 miliar.

Sementara itu, jika dilihat dari jumlah pengunjung yang datang di tahun ini pun mengalami penurunan. Indocomtech 2016 menarik 192.126 pengunjung. Sedangkan di tahun lalu mencapai 235.000 orang.

Hal yang paling dikhawatirkan penyelenggara adalah kondisi keamanan sekitar lokasi penyelenggaraan yang dirasa cukup mengkhawatirkan pengunjung untuk datang.

"Hari Jumat biasanya ramai, tapi karena kondisi aksi demo bisa membuat pengunjung khawatir datang," tutur kata Dewan Pembina Apkomindo, Frans Budi Pranata, usai membuka pameran beberapa waktu lalu.

Namun, Indocomtech kali ini mengalami peningkatan bisnis bagi peserta karena telah mempertemukan lebih dari 100 produsen dari Taiwan, Hongkong dan China dengan lebih dari 70 buyers dari Indonesia dalam program business matching, beberapa waktu lalu.

Chris Irwan Japari, Dewan Pembina Yayasan Apkomindo mengungkapkan, harapan dari Yayasan APKOMINDO agar Program business matching BRI Indocomtech 2016 dapat menjadi wadah networking baru bagi para pemain industri.

“Program business matching diselenggarakan untuk membangun jaringan bisnis antara pengusaha lokal dan para pengusaha internasional, kami harap akan memfasilitasi para pelaku industri untuk menjalin hubungan serta menciptakan kolaborasi bisnis yang berpotensi memperkuat usaha mereka dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat,” ujarnya.


Pada hari penutupan, pengunjung dimanjakan dengan berbagai promo menggiurkan. Point2000 menggelar penjualan handphone seharga Rp 75 ribu, Samsung menggelar program “Happy Hour” selama 30 menit dari pukul 17.00-17.30, Lenovo menarik pengunjung dengan “Kejutan Extra Lenovo” yang menawarkan berbagai produk unggulan dari lini produk smartphone Lenovo, tak ketinggalan produk-produk aksesoris yang digelar dengan diskon yang luar biasa.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini