Rabu, 13 Desember 2017

Ini Senjata Terbaru Google untuk Jaga Android dari Virus

Google Play Protect merupakan sebuah sistem yang diciptakan Google untuk melindungi pengguna dari aplikasi berbahaya di Android.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Aditya Gema Pratomo
Google Play Store [shutterstock]
Google Play Store [shutterstock]

Suara.com - Sebagai sistem operasi terpopuler di dunia, Android, Google bertanggung jawab atas keamanan sekitar 2 miliar penggunanya. Salah satu cara untuk menjaga keamanan itu, Google telah menyematkan Google Play Protect di toko aplikasi mereka.

Google Play Protect merupakan sebuah sistem yang diciptakan Google untuk melindungi pengguna dari aplikasi berbahaya di Android.

"Kami memiliki Google Play Protect yang tersedia secara gratis untuk melindungi pengguna Android. Sistem ini secara rutin memindai miliaran aplikasi di Play Store," ujar Adrian Ludwig Direktur Teknik untuk Keamanan Android di Google dalam sebuah sesi video conference di kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Ludwig mengklaim, Google Play Protect bisa memindai setidaknya satu miliar perangkat Android dan mampu memeriksa 50 miliar aplikasi setiap harinya.

Untuk memastikan Play Store aman, Google juga bermitra dengan pengembang agar patuh terhadap ketentuan Google soal aplikasi

"Kami juga bermitra dengan peneliti keamanan dan produsen ponsel untuk memastikan bahwa setiap ponsel Android aman untuk pengguna," paparnya.

Terakhir, Google juga menggunakan machine learning di sistemnya, untuk menganilisis setiap ancaman. Alhasil, setiap ponsel Android terlindung dari setiap risiko yang mengancam.

Ludwig menjelaskan layanan keamanan yang terintegrasi di Android merupakan salah satu prinsip yang senantiasa dihormati Google.

"Android semakin banyak penggunanya. Karena itu, kami harus lebih ekstra meningkatkan keamanan," tutupnya.

Terpopuler

Terkini