Sabtu, 16 Desember 2017

Cara Terbaik Melindungi Android dari Malware

Ia menyarankan pengguna untuk mengaktifkan data backup di Android.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Aditya Gema Pratomo
Logo toko aplikasi Google Play Store pada sebuah ponsel Android. [Shutterstock]
Logo toko aplikasi Google Play Store pada sebuah ponsel Android. [Shutterstock]

Suara.com - Google telah melakukan beragam cara untuk melindungi pengguna Android. Mulai dari pemindaian aplikasi secara berkala hingga menghadirkan pembaruan keamanan secara rutin. Dengan segala cara yang telah dilakukan Google untuk melindungi Android, Anda tetap perlu waspada.

"Android memiliki pengguna yang paling beragam di seluruh dunia. Ada lebih dari 1.4 miliar pengguna aktif Android setiap bulannya," ujar Adrian Ludwig Direktur Teknik untuk Keamanan Android di Google dalam sebuah telekonferensi di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dijelaskan oleh Adrian, ada beberapa cara paling ampuh untuk melindungi pengguna Android dari serangan malware yang dapat merusak ponsel.

Pertama adalah menggunakan sistem pengunci layar yang aman. Cara ini bermanfaat karena mencegah oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses ponsel Anda.

"Gunakan lock screen berupa pola atau PIN untuk melindungi data di ponsel," lanjut pria lulusan University of California, Berkeley, Amerika Serikat (AS).

Cara kedua adalah mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya, misalnya Play Store. Google telah menyematkan fitur Google Play Protect di Play Store untuk melindungi pengguna dari aplikasi berbahaya.

"Google Play Protect bisa mendeteksi ancaman dengan cepat dan cerdas. Ketika menemukan aplikasi yang mencurigakan, ia bisa menanganinya seketika," jelasnya.

Terakhir, ia menyarankan pengguna untuk mengaktifkan data backup di Android. Hal ini dilakukan agar pengguna menyimpan data penting jika ponsel sewaktu-sewaktu bermasalah.

Terpopuler

Terkini