Sabtu, 16 Desember 2017

Gadis Ini Pamerkan Lelaki-lelaki yang Melecehkannya di Instagram

Ia telah mengunggah lebih dari 20 foto dirinya bersama pelaku catcalling.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Aditya Gema Pratomo
Kumpulan foto Noa Jansma bersama para lelaki yang biasa melecehkannya secara verbal di jalanan di akun Instagram, @dearcatcaller. [Instagram/Suara.com]
Kumpulan foto Noa Jansma bersama para lelaki yang biasa melecehkannya secara verbal di jalanan di akun Instagram, @dearcatcaller. [Instagram/Suara.com]

Suara.com - Dilecehkan di jalanan dengan panggilan yang tidak sopan, sering terjadi pada kebanyakan perempuan. Tindakan yang dikenal dengan sebutan catcalling ini, sering membuat seorang perempuan tidak nyaman saat melakukan aktivitas.

Nah, seorang perempuan asal Belanda mengambil pedekatan yang berbeda saat menerima pelecehan di jalanan. Perempuan bernama Noa Jansma itu ber-selfie dengan pelaku pelecehan dan mengunggahnya di akun Instagram miliknya.  

Jansma membuat akun Instagram, @dearcatcaller, yang didedikasikan untuk mendokumentasikan setiap pelecehan yang ia alami di jalanan.

Hanya dalam sebulan, akun miliknya telah memiliki 300.000 lebih penggemar. Kini, ia telah mengunggah lebih dari 20 foto dirinya bersama pelaku catcalling.

Terkait akunnya, ia menjelaskan bahwa kehadiran akun Instagram itu bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya melawan objektifikasi perempuan, perilaku yang hanya menjadikan perempuan sebagai objek.

"Instagram ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang objektifikasi perempuan dalam kehidupan sehari-hari," tulisnya pada akhir Agustus.

Dalam pengakuannya, hampir semua pelaku pelecehan tidak merasa malu saat ia ajak selfie.  

"Mereka sama sekali tidak curiga (saat diajak selfie) karena mereka menemukan apa yang mereka benar-benar normal," kata Jansma.

Kini, Jansma mengatakan bahwa proyeknya akun Instagram @dearcatcaller itu sudah selesai dan ia ingin menghibahkan akun tersebut kepada perempuan-perempuan muda lain di dunia.

Belanda sendiri mulai 1 Januari 2018 nanti, akan memberlakukan undang-undang yang mengatur hukuman bagi pelaku pelecehan di jalanan. Pelaku pelecehan akan dikenakan denda sebesar 190 euro.

Terpopuler

Terkini