Mesin Ini Mampu Selesaikan Rubik dalam 0.38 Detik

Sebuah mesin dapat menyelesaikan kotak rubik dalam waktu sangat cepat.

Suara.Com
Dythia Novianty | Aditya Gema Pratomo
Mesin Ini Mampu Selesaikan Rubik dalam 0.38 Detik
Mesin menyelesaikan rubik dalam waktu singkat. [YouTube/@Ben Katz]

Suara.com - Ahli hardware Ben katz dan Jared Di Carlo membuat sebuah mesin yang dapat menyelesaikan kotak rubik dalam waktu sangat cepat. Mesin ciptaan mereka mampu menyelesaikan rubik dalam 0.38 detik atau lebih cepat dari rekor sebelumnya, yakni 0.637 detik.

Mesin yang mereka ciptakan menggunakan sebuah motor penggerak yang sudah dimodifikasi khusus. Motor tersebut dapat memutar satu bagian rubik dalam waktu 10 milidetik. Mereka juga menggunakan Webcam Playstation 3 Eye.

Dengan segala kecanggihannya, mereka yakin mesin dapat berjalan lebih cepat.

"Mesin bisa berjalan lebih cepat, tapi proses tuning sangat memakan waktu karena perlu dilakukan debugging dengan kamera berkecepatan tinggi, dan kesalahan sering menghancurkan kubus," ujar Katz lewat blog resminya.

Di sisi perangkat lunak, mereka menggunakan OpenCV untuk mendeteksi warna dan penerapan algoritma dua yang disebut "min2phase".

"Perangkat lunak ini mengidentifikasi semua warna, membuat deskripsi kubus, dan menyebarkannya ke min2phase," lanjutnya.

Untuk saat ini, ia mengaku belum memiliki semangat mengembangkan mesinnya. Namun, tidak menutup kemungkinan jika mesin ini nantinya akan dipasarkan. [Arstechnica]

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini