Negara Ini Sulap Air Limbah Daur Ulang Jadi Bir, Minat?

Sebuah negara memanfaatkan air limbah sebagai bir.

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Negara Ini Sulap Air Limbah Daur Ulang Jadi Bir, Minat?
Bir dari air limbah. [Facebook]

Suara.com - Pemanfaatan kembali air limbah sebagai air minum sudah umum dilakukan. Uniknya, negara ini menyulap air limbah menjadi bir.

Swedia telah meluncurkan merek bir baru yang dibuat dengan air limbah. Semua proses ini dilakukan di sebuah pabrik bir di Stockholm.

PU:REST, bir baru yang dibuat oleh Nya Carnegiebryggeriet Stockholm (New Carnegie Brewery) dengan menggandeng Lembaga Penelitian Lingkungan Swedia (IVL) dan Carlsberg. Bir ini telah diluncurkan di Swedia pada 25 Mei lalu dan sudah dijuluki dengan "bir sampah" di media sosial, namun produsennya tetap berharap ini akan membantu mengubah pendapat publik tentang air limbah daur ulang.

Manajer proyek di IVL, Staffan Filipsson, mengatakan bahwa kesulitannya bukanlah terletak pada metode atau teknis saat pembuatan bir, melainkan bagaimana meyakinkan publik untuk meminum bir yang diolah dari air limbah daur ulang.

"Air daur ulang sebenarnya murni dan aman seperti air keran biasa, tetapi kebanyakan orang masih skeptis tentang air minum yang dimurnikan. Saat dunia ini terancam kekurangan air, kami ingin menunjukkan bahwa kami telah memiliki teknologi mendaur ulang air limbah menjadi air minum yang sebersih air keran pada umumnya," jelasnya.

Sementara itu, brewmaster di New Carnegie Brewery, Chris Thurgeson, mendeskripsikan PU:REST sebagai "pilsner yang sebening kristal" dan menambahkan bahwa perusahaannya menerima tantangan ini karena percaya baik produsen, maupun konsumen harus berani berpikir secara berbeda jika berhasil mengelola sumber daya bumi.

PU:REST dikatakan memiliki rasa yang sangat bersih dan "renyah", tetapi jika dilihat dari komentar yang memenuhi halaman Facevook New Carnegie Brewery, konsumen tidak tertarik dengan kehadiran bir ini.

Kini PU:REST bisa didapatkan di restoran New Carnegie Brewery di Stockhold dan mulai dijual di restoran dan festival pilihan di seluruh Swedia pada 2 Juli mendatang. [Odditycentral]

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini