Amazon Siap Buka Jasa Pengiriman Paket ke Bulan pada 2023

Pemukiman manusia di Bulan akan membutuhkan jasa pengiriman paket dari dan ke Bumi.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Amazon Siap Buka Jasa Pengiriman Paket ke Bulan pada 2023
CEO Amazon, Jeff Bezos. [AFF/Mandel Ngan]

Suara.com - Blue Origin, perusahaan antariksa milik Jeff Bezos yang juga pendiri Amazon, berambisi mengirim manusia dan menyediakan jasa pengiriman paket ke Bulan pada paling lambat tahun 2023.

Ambisi yang tertuang dalam proyek Blue Moon itu, seperti diwartakan Geek Wire, dimulai dengan membangun wahana atau pesawat antariksa yang mampu mendarat di Bulan.

Direktur pengembangan bisnis Blue Origin, AC Charania, mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan kemampuan pendaratan di bulan yang bisa dimanfaatkan oleh negara atau pelanggan dari organisasi mana saja, untuk mendaratkan paket berbobot hingga satu ton ke bulan.

"Pemukiman permanen manusia di permukaan Bulan pasti membutuhkan kemampuan ini," kata Charania.

Bulan memang jadi incaran banyak negara di Bumi. Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa misalnya sedang berencana membangun pangkalan di satelit Bumi itu. Cina dan Rusia pun tak mau kalah.

Untuk melakukan pembangunan di luar Bumi, tentu saja akan diperlukan material dari Bumi dan jika pemukiman itu sudah rampung, jasa pengiriman dari Bumi ke bulan tentu masih dibutuhkan para manusia pertama di Bulan.

Charania juga mengindikasikan bahwa pihaknya saat ini sedang mencari mitra dari pihak pemerintah, khususnya dari badan antariksa Amerika Serikat untuk mewujudkan ambisi itu.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini