Selasa, 21 Agustus 2018

Ini Kata Menkominfo Soal Penyalahgunaan Data Facebook

Disebutkan bahwa tidak ada pengguna Facebook dari Indonesia yang terdampak, tetapi ...

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Menkominfo Rudiantara dijumpai saat Halal Bihalal (20/07/2018) [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]
Menkominfo Rudiantara dijumpai saat Halal Bihalal (20/07/2018) [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengakui sudah mendapat surat laporan dari Facebook terkait kasus penyalahgunaan data yang dilakukan oleh Cambridge Analytica (CA). Menkominfo menuturkan, dalam laporan itu dijelaskan bila pengguna Facebook di Indonesia tidak terdampak.

"Facebook telah mengirim surat kepada saya, menyampaikan bahwa tidak ada data pengguna di Indonesia yang terdampak oleh kasus CA," ujar Rudiantara, di sela acara Halal Bihalal bersama dengan mitra kerja industri telekomunikasi, di Jakarta, Jumat (20/07/2018).

Terkait pernyataan ini, pria yang akrab disapa Chief RA ini meminta agar masyarakat yang merasa pernah mengunduh aplikasi test personality buatan CA di platform Facebook dan datanya disalahgunakan agar segera melapor ke Kominfo.

"Jadi saya minta kepada warga Indonesia yang merasa datanya disalahgunakan agar melapor ke kami. Karena kami belum tahu pernyataan ini benar atau tidak," terangnya.

Sementara itu Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan, dari data hasil audit Facebook setidaknya terdapat 30 juta data pengguna yang disalahgunakan. Bukan 87 juta seperti yang sebelumnya dilaporkan.

"Dari hasil audit mereka, hanya 30 juta data pengguna dan semuanya berada di Amerika. Tidak ada satu pun data pengguna Facebook di luar Amerika yang terkena dampak, begitu juga dengan Indonesia," kata Samuel Abrijani Pangerapan.

Terpopuler

Terkini