Selasa, 21 Agustus 2018

Terinspirasi Gundam, Jepang Punya Robot Tertinggi di Dunia

Seorang insinyur Jepang menciptakan ultimate robot yang terinspirasi dari serial animasi 'Mobile Suit Gundam'.

Suara.Com
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilustrasi karakter robot Gundam. [Shutterstock]
Ilustrasi karakter robot Gundam. [Shutterstock]

Suara.com - Seorang insinyur Jepang bernama Masaaki Nagumo telah menciptakan ultimate robot yang terinspirasi dari serial animasi 'Mobile Suit Gundam'. Dikembangkan di Sakakibara Kikai, pembuat mesin pertanian, robot ini dinamai LW-Mononofu.

LW-Mononofu memiliki tinggi 8,5 meter atau 28 kaki dengan berat lebih dari tujuh ton. Robot yang diklaim sebagai robot tetinggi di dunia ini berisi kokpit dengan monitor dan pengungkit pilot untuk mengontrol lengan dan kaki robot.

Masaaki Nagumo yang tumbuh besar dengan menonton animasi Gundam itu mengaku, membuat robot ini adalah bagian dari mimpinya. Perusahaan ini sebelumnya telah menciptakan robot yang bervariasi seperti Landwalker setinggi 3,4 meter, Kid Walker Cyclops, dan mesin tinju MechBoxer.

Di samping bisnis peralatan pertanian, perusahaan pun menyewakan robot-robot tersebut sekitar 930 dolar atau sekitar Rp 13,4 juta per jam untuk pesta ulang tahun dan hiburan lainnya.

"Saya pikir ini dapat berubah menjadi peluang bisnis. Selain itu, sebagai robot yang terinspirasi dari anime, saya pikir ini adalah robot yang terbesar di dunia," jelas Masaaki Nagumo, dikutip dari Reuters.

Robot LW-Mononofu ini dapat menggerakkan jari-jarinya dan memutar bagian atas tubuhnya serta berjalan maju dan mundur. Sayangnya, tidak terdapat speedster dan LW-Mononofu hanya bergerak kurang dari 1 km per jam.

Meski memiliki kekurangan di bagian kecepatan, robot ini memiliki kekuatan, misalnya senapan terlihat seperti bazooka di lengan kanannya yang menembakkan bola spons sekitar 87 mil per jam. Sayangnya, robot Gundam LW-Mononofu ini memiliki tubuh yang terlalu besar dan membuatnya tidak dapat meninggalkan pabrik tanpa dibongkar karena dibangun lebih tinggi dari pintu masuk.

Terpopuler

Terkini