XL Axiata Uji Coba Teknologi 5G di Kota Tua Jakarta

Menurut XL Axiata teknologi 5G kelak bisa diterapkan pada sistem smart city Jakarta.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Aditya Gema Pratomo
XL Axiata Uji Coba Teknologi 5G di Kota Tua Jakarta
XL Axiata-Ericsson ujicoba 5G outdoor, Jakarta, Rabu (12/4/2017). [Suara.com/Dythia Novianty]

Suara.com - PT XL Axiata menggelar uji coba teknologi jaringan seluler generasi kelima atau 5G di bilangan Kota Tua, Jakarta Barat, pada Senin (20/8/2018).

“Sebagai operator layanan akses data digital, tentu kami harus bersiap untuk mengadopsi teknologi terbaru dan tercanggih, saat ini yakni 5G," kata Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini.

Dalam uji coba kali ini, XL Axiata menggunakan frekuensi khusus 28 Ghz. Selama pengujian, kecepatan rata-rata yang didapat mencapai 11 Gbps.

Dian menambahkan, teknologi 5G nantinya dapat diaplikasikan di berbagai sektor, salah satunya adalah sistem Jakarta Smart City.

"Uji coba dengan kerangka smartcity juga menjadi cara terbaik untuk mengetahui secara langsung kemampuan teknologi 5G untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pengelolaan perkotaan," tambahnya.

Lebih jelasnya, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan teknologi 5G dapat mengawasi berbagai permasalahan umum di perkotaan, seperti air, keamanan, sampah, dan transportasi.

"Untuk pengelolaan air misalnya, dapat diketahui jika air berkualitas baik atau buruk. Di masalah sampah, teknologi 5G memungkinkan Pemprov mengetahui tempat sampah yang sudah penuh," jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Jakarta Smartcity Pemprov DKI, Setiaji, mengapresiasi upaya XL Axiata dalam proses uji coba ini. Menurutnya, teknologi 5G memungkinkan pemprov untuk mendapatkan data secepat mungkin.

"Adanya 5G bisa mengawasi keamanan di daerah rural. Kemudian sensor bisa kita tambah untuk mendapatkan data sebanyak mungkin," tuturnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini